Tim LPPM Unimed Edukasi Warga Kembangkan Desain Cenderamata Berbasis Local Wisdom

Tim LPPM Unimed Edukasi Warga Kembangkan Desain Cenderamata Berbasis Local Wisdom

  • Bagikan
TIM PKM LPPM Unimed diabdikan bersama mitra kegiatan warga Desa Tanjung Sari, Deliserdang. Waspada/ist
TIM PKM LPPM Unimed diabdikan bersama mitra kegiatan warga Desa Tanjung Sari, Deliserdang. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Tim Progran Kemitraan Masyarakat ( PKM) LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed)  mengadakan kegitan “Pengembangan  Desain Cenderamata Berbasis  Local Wisdom” di Azura Sticker Desa Tanjung Sari Kec. Batang Kuis Kab. Deliserdang pada  Juli-Agustus 2021.

Tim PKM Unimed diketuai   Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum dengan  beranggotakan Dr. Hidayat, M.Si dan  Drs. Misgiya, M.Hum serta lima orang mahasiswa yakni Maulana Yusuf Arasyid,  Dwi Ulfa Ramadani, Ani Masruroh, Lia Hafiza dan Yusuf Efendi Lubis.

                                             

Kelima mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Pendidikan Seni Rupa FBS Unimed. Kegitan tersebut turut dihadiri Kepala Desa Tanjung Sari, Muhammad Hidayah yang diwakili oleh Muhammad Yusuf Hasibuan perangkat desa.

Pemilik Azura Cutting Sticker Fadril Yudha Putra, dan Pemuda setempat perwakilan dari setiap dusun yang ada di Desa Tanjung Sari sebagai mitra kegiatan tersebut. Dari LPPM Unimed hadir Henry Situmorang, S.Sos.

Ketua Tim PKM , Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum, menjelaskan  kegiatan ini dilaksanakan dua tahapan. Tahap pertama pemberian informasi mengenai pengembangan desain cenderamata berbasis local wisdom yang dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pada tahapan ini, katanya,  peserta diberikan pengetahuan tentang cara membuat desain/sketsa serta pengetahuan tentang cara mencetak dan memindahkan hasil desain/sketsa kemedia pring melamin dan bingkai fiber, kegiatan pendampingan ini dilaksanakan mulai awal bulan Juli 2021 hingga akhir Agustus 2021.

Sedangkan  tahapan kedua dilakukan pendampingan pembuatan cenderamata berbasis local wisdom oleh tim PKM dan pimpinan Azura Sticker.

Dipraktekkan Langsung

Kegiatan ini dipraktekan lansung oleh masing-masing peserta, dengan hasil desain/ sketsa mereka sendiri. Kemudian setiap kegiatan ini didokumentasikan, dan diunggah di youtube, sehingga dapat menginspirasi masyarakat lainnya.

“Pada kesempatan ini, kami dari tim PKM Unimed akan menyerahkan alat/bahan untuk keperluan pengembangan desain cenderamata berbasis local wisdom berupa Piring melamin, Bingkai Fiber, Pisau Cutting, Sticker Hologram, Pisau dan alat pendukung pembuatan cenderamata berbasis local wisdom lainnya ” ujar Dr. Wahyu Tri Atmojo, M. Hum dalam acara pembukaan pelatihan.

Katanya, Tim PKM  Unimed sangat mengharapkan peserta (pemuda stempat) bersama desa dapat mempraktekkan ilmu yang diberikan oleh Tim PkM, sehingga dapat menambah penghasilan dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Dikarenakan  Desa Tanjung Sari sangat dekat dengan Bandara Kuala Namu dan Kota Medan.(m19)

  • Bagikan