Waspada
Waspada » Tim Horas USU Ukir Prestasi Di Kompetisi KMHE 2020
Medan

Tim Horas USU Ukir Prestasi Di Kompetisi KMHE 2020

TIM Horas USU ukir prestasi di Kompetisi KMHE 2020. Waspada/Ist
TIM Horas USU ukir prestasi di Kompetisi KMHE 2020. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Tim Horas Universitas Sumatera Utara (USU) ukir prestasi di ajang kompetisi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020, yang digelar Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Tim Horas USU ukir prestasi di kompetisi KMHE 2020, dengan berhasil meraih posisi kedua pada Kategori Urban Concept Perancangan Body dan Chasis pada kontes tersebut.

KMHE 2020 merupakan kegiatan mengapresiasi hasil inovasi dan kreasi mahasiswa dalam merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit, serta ramah lingkungan.

Kegiatan yang dilakukan ini berorientasi pada uji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramahlingkungan.

Demikian dikemukakan Dr  M  Sabri, ketua Program Studi Teknik Mesin USU, yang juga salah satu dosen pembimbing Tim Horas melalui Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum di Medan, Rabu (2/12).

Dia mengatakan, KMHE merupakan agenda rutin PUSPRESNAS Kemdikbud sejak tahun 2012 yang dikenal dengan Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC).

KMHE 2020 dilaksanakan pada tanggal 26-30 November 2020, di mana pada tahun ini dilaksanakan secara daring bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) sebagai tuan rumah, dengan tema “Energi Untuk Negeri”.

Tim Horas yang berada di bawah bimbingan Ka Prodi Teknik Mesin dan Dr Eng Taufiq Bin Nur ST, M Eng serta Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT, yang juga pendiri tim Horas berhasil dan mampu bersaing melawan 36 tim dari 27 perguruan tinggi se-Indonesia pada babak final.

Menurutnya, Tim Horas dapat melampaui nilai tim dari perguruan tinggi lain melalui uraian laporan design secara daring.

Laporan dimaksud seperti rancangan proses produksi pembuatan sasis dan komponen-komponennya, uji kekuatan dan beban kendaraan serta perhitungan kemudahan proses produksi.

Kegiatan ini mengundang partisipasi seluruh mahasiswa Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia.

Dua Kategori

Kontes dibagi menjadi dua kategori, yaitu Prototype dan Urban Concept masing-masing dengan 4 kelas engine, yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol dan Motor Listrik.

Kategori Prototype merupakan rancangan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi.

Sedangkan Urban Concept adalah rancangan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan.

Setiap tim melalui tahapan seleksi, mulai dari seleksi proposal sampai laporan desain mobil hemat energi, dan para finalis akan diundang untuk melakukan presentasi secara online.

Jumlah pendaftar KMHE 2020 sebelum seleksi tercatat 110 tim dari 74 perguruan tinggi. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2