Waspada
Waspada » Tim Dosen Unimed PPM Di SMP Hidayatul Islam
Medan

Tim Dosen Unimed PPM Di SMP Hidayatul Islam

PENYERAHAN alat praktikum untuk pembelajaran. Waspada/ist
PENYERAHAN alat praktikum untuk pembelajaran. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): TIM Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pengabdian pada masyarakat (PPM) di SMP Hidayatul Islam Labuhan Deli pada 19 September 2020 sampai 3 Oktober 2020.

Kegiatan dibuka Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unimed, Dr  Fauziyah Harahap, M Si, didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Islam YAHDI Labuhan Deli, P. Maulana Yusuf Harahap, SE.

Turut mendampingi, Kepala Sekolah Syahrun Mubarok Tanjung, S Pd, Indah Pratiwi, S Pd mewakili LPPM Unimed, dan dosen Unimed Ir Ely Djulia, M Pd dan Dra Cicik Suriani, M Si serta dua orang mahasiswa Ninda Paramitha dan Alya Zahra.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unimed, Dr. Fauziyah Harahap, M.Si, mengatakan, kegiatan ini diikuti guru-guru di SMP Pendidikan Islam YAHDI Labuhan Deli. Kegiatan di bagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama pemberian informasi mengenai implementasi pembelajaran berbasis saintifik dan tutorial pembuatan video pembelajaran berbasis saintifik yang dilaksanakan secara luring dengan tatap menerapkan protokol kesehatan WHO terkait pandemik Covid 19.

Kemudian, sambungnya, peserta dibagi menjadi dua rombel sebagai penerapan physical distancing dan pendampingan ini dilaksanakan hanya satu pada 19 September 2020.

Sesi kedua, pendampingan pembuatan video pembelajaran berbasis saintifik dilaksanakan secara daring, dan pendampinngan. Kegiatan ini 21 September 2020 hingga akhir kegiatan dengan penyesuaian waktu antara peserta dan tim pengabdian dari Unimed.

Antusias

Dijelaskannya, selama kegiatan didampingi tim pengabdian Unimed, semua peserta terlihat antusias dan bersemangat dalam menyusun strategi pembelajaran berbasis saintifik yang akan dikemas menjadi sebuah video pembelajaran.

“Video pembelajaran yang dibuat oleh peserta pelatihan akan di nilai oleh tim pengabdian Unimed dan 3 video terbaik akan diberi penghargaan,” paparnya.

Pada akhir kegiatan, video pembelajaran akan diserahkan kepada pihak sekolah untuk dapat digunakan dan dikembangkan dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam pembelajaran daring di situasi pandemi Covid 19 saat ini.

Selain video pembelajaran, tim pengabdian Unimed juga menyerah 5 set alat praktikum IPA untuk pembelajaran berbasis saintifik yang dapat diterapkan secara luring maupun daring.

Akhirnya diharapkan semua guru di sekolah ini dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis saintifik secar luring ataupun daring. Pihak Yayasan dan Sekolah sangat berharap pihak Unimed bersedia mengadakan kelanjutan kegiatan ini. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2