Tiga Santri YIC Ponpes Hafal 30 Juz Alquran - Waspada

Tiga Santri YIC Ponpes Hafal 30 Juz Alquran

  • Bagikan
Para santri yang hafal Alquran 30 Juz bersama pihak yayasan berfoto bersama. Waspada/ist
Para santri yang hafal Alquran 30 Juz bersama pihak yayasan berfoto bersama. Waspada/ist

MEDAN(Waspada): Tiga orang santri di Yayasan Islamic Center, Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur’an Jenderal Besar Haji Abdul Haris Nasution, yang didirikan Ketua Pembina, Dr H Amarullah Nasution  SE MBA, berhasil hafal Alquran 30 Juz selama 30 bulan atau 2,5 tahun.

Mereka adalah,  santri tingkat Aliyah Kelas XII IPA atas nama Alfasyah Ibnu Hafizh, Rizki Fahreza dan Sutan Bilal Hafiz Maulana. Ketiganya mengikuti khataman Alquran digelar di Pendopo Masjid Al-Amar, Jumat (24/1) malam.

Ketua Umum Yayasan Prof   Dr  H  Zainuddin MPd menyampaikan agar semua santri harus lebih giat dalam mengkhatamkan Alqurannya, agar genarasi penghafal Quran semakin bertambah.

Karena, hari ini Indonesia sangat membutuhkan calon-calon pemimpin penghafal Qur’an dengan harapan, negara ini menjadi negara yang baldatun thoyyibun warabbun ghafur.

Sebelumnya, Kepala Tahfidz, Alhafidz Al Ustad Bangsawan Dalimunthe  STHi, mengatakan, daya tangkap hapalan 3 santri ini memang luar biasa.

Mereka mampu menyelesaikan hapalannya dalam 30 bulan/2 tahun setengah, sementara target hafalan di pondok pesantren ini maksimal 5 juz dalam 1 tahun.  Jika dikali  dengan 6 tahun baru terhitung 30 juz, sementara mereka ini mampu menyelesaikan hapalannya 30 juz dengan waktu yang tidak terduga.

“Hal ini sekaligus membuktikan Ponpes Darul Quran berjalan hampir 3 tahun telah mampu melahirkan santri/wati hafizh Alquran 30 juz sebanyak 39 santri. ini anugerah dari Allah SWT, harapan kami ke depannya tetap istiqomah dalam mengulang dan mengamalkannya,” katanya.

Sedangkan Direktur Ponpes  Darul Qur’an, Dr  H  Muhammad Tohir Ritonga Lc MA ,dalam sambutannya mengatakan, khataman Alquran bentuk syukur kepada Allah SWT.

Kemudian sebagai upaya mampu menjaga hafalan dengan senantiasa mengulangnya. “Maka saya ingatkan agar berusaha menjadi peribadi yang Qur’ani, serta dapat berperilaku sesuai isi kandungan ALquran,” katanya.

Kepala Humas Gumriadi Tambunan, S Sos kegiatan khataman ini merupakan tradisi rutin dilaksanakan, di mana hingga kini jumlah santri mencapai 1.400 orang.

Setiap santri/wati yang menyelesaikan hafalan 30 juz akan  dilakukan kegiatan khataman Alquran di Ponpes Darul Auran, agar santri yang lain lebih bersemangat dalam meningkatkan kualitas hafalannya.

“Selain program wajib menghafal Alquran, di sini juga diajarkan kitab-kitab pesantren/kuning yang gurunya lulusan Timur Tengah dan dalam negeri.

Demikian juga Bahasa Arab dan Inggris juga menjadi target utama dalam kurikulum pesantren.

Hal lain terkait akhlak/adab juga sangat ditekankan dalam pendidikan,” paparnya. (m37)

 

 

  • Bagikan