Terpiih Jadi Ketua Umum Bintang Muda Karo, Roy Joretta Bawa Semangat Perubahan

Terpiih Jadi Ketua Umum Bintang Muda Karo, Roy Joretta Bawa Semangat Perubahan

  • Bagikan
Ketua Umum Bintang Muda Karo, Roy Joretta Barus. Waspada/ist
Ketua Umum Bintang Muda Karo, Roy Joretta Barus. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Roy Joretta Barus terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Bintang Muda Karo yang dihadiri peserta deklarasi di Gedung Pertemuan TMII, Jakarta Timur 3 April 2021 lalu. Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini mengusung slogan, Muda adalah Kekuatan.

Dalam pidato perdananya, Roy Barus mengatakan bahwa anak muda adalah sumber kekuatan yang dapat membawa pembaharuan dalam bidang politik, ekonomi dan sosial. Dikotomi tua dan muda harus ditinggalkan dalam mewujudkan perubahan.

“Saya memandang anak muda harus mulai ikut ambil bagian dalam bidang politik, sosial, dan budaya. Keterlibatan anak muda bisa menghasilkan ide segar yang revolusioner, berani dan tegas,” ujarnya.

Roy Barus juga memandang semangat anak muda adalah bagian kekuatan dari Revolusi Mental yang didengungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena itu, dirinya akan menerjemahkan semangat itu ke dalam program-program kerja Bintang Muda Karo untuk kemajuan Tanah Karo sebagai wilayah dikenal kaya akan pertanian dan pariwisata.

“Gagasan besar anak muda adalah kekuatan menjadi tantangan Bintang Muda Karo untuk mengaplikasikannya ke dalam program-program yang bisa menyentuh masyarakat Karo pada umumnya dan anak muda Karo pada khususnya, ” tutur pria kelahiran Berastagi ini.

Menurut Roy Barus, perpecahan di internal organisasi masyarakat yang kerap terjadi menjadi tantangan tersendiri baginya ketika dipercaya menjadi Ketua Umum Bintang Muda Karo. Berkaca dari hal tersebut, dirinya akan melakukan konsolidasi internal untuk menguatkan barisan agar bisa menghasilkan output yang nyata dalam membangun Tanah Karo.

“Bintang Muda Karo ingin hadir sebagai organisasi yang membawa semangat pembaharuan di tengah kegelisahan masyarakat akan kemajuan Karo yang stagnan,” kata pria yang juga menjabat Ketua Persadan Warga Berastagi Sekitarnya (PWBS) ini.

Perjuangkan Perubahan

Dia menuturkan akan membawa Bintang Muda Karo sebagai organisasi yang dekat dengan masyarakat. Bahwa Bintang Muda Karo adalah rekan masyarakat Karo dalam memperjuangkan perubahan di Bumi Turang.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Karo yang ada di perantauan untuk menjadikan Bintang Muda Karo ini sebagai salah satu wadah menyuarakan aspirasi dan menyampaikan ide untuk berbagai hal tentang Tanah Karo. Mengingat banyaknya putra putri Karo yang berprestasi di perantauan,” jelasnya.

Roy Barus menilai bahwa selama ini dalam pembangunan Tanah Karo belum maksimal melibatkan peran serta anak muda Karo di setiap aspeknya. Padahal, katanya, pelibatan anak muda yang kaya akan gagasan dan ide baru bisa membawa perubahan secara signifikan.

“Bintang Muda Karo optimistis dengan keterlibatan anak muda Karo lebih luas lagi, perubahan di Tanah Karo baik dari sektor pertanian dan pariwisata akan lebih cepat terwujud. Saya yakin bahwa di luar sana banyak anak muda Karo punya semangat yang sama dengan kami,” tegasnya.

Di akhir pidatonya, Roy Barus menambahkan Bintang Muda Karo tidak bisa berjalan sendirian dalam membuat perubahan di Tanah Karo. Karena itu, dia mengajak anak muda Karo dan seluruh komponen bergandengan tangan dalam mencapai perubahan.

“Saatnya anak muda mengambil bagian dari perubahan itu. Gagasan sekecil apapun sangat berarti. Bintang Muda Karo siap jadi wadah anak muda untuk mengawal perubahan. Mejuah-juah,” tutup pengusaha muda ini. (m15)

 

  • Bagikan