Terkait Portal Di Martubung, Rudy Hermanto Desak KAI Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Medan

Terkait Portal Di Martubung, Rudy Hermanto Desak KAI Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Medan

  • Bagikan
SEJUMLAH warga Jl Aloha Martubung tampak berfoto di depan plang di depan rel KA. Rudy Hermanto desak PT KAI tindaklanjuti rekomendasi DPRD Medan, yakni meminta pembongkaran portal yang menutup Jalan Aloha lingkungan 2 Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan. Waspada/Ist
SEJUMLAH warga Jl Aloha Martubung tampak berfoto di depan plang di depan rel KA. Rudy Hermanto desak PT KAI tindaklanjuti rekomendasi DPRD Medan, yakni meminta pembongkaran portal yang menutup Jalan Aloha lingkungan 2 Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan. Waspada/Ist

Medan (Waspada): Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Sumatera Utara Rudy Hermanto mendesak kepada pihak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk segera melaksanakan hasil rekomendasi Komisi I DPRD Medan. Yakni meminta pembongkaran portal yang menutup Jalan Aloha lingkungan 2 Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan.

“Saya harap Pihak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan Dishub Kota Medan segera mencabut plang apalagi menjelang bulan ramadhan aktivitas warga semakin meningkat, masyarakat sudah berbulan bulan diresahkan oleh pemasangan plang itu,” tegas Anggota DPRD Sumut Rudy Hermanto di Medan, Rabu (7/4).

Anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut I Kota Medan A ini mengatakan bahwa sebelumnya pada bulan Oktober 2020 lalu dirinya telah melakukan kunjungan ke lokasi pemasangan portal di Jalan Aloha Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan yang mana warga menyampaikan keluhan akibat pemasangan portal tersebut.

Untuk itu Rudy Hermanto berharap hasil rekomendasi DPRD Medan yang disepakati anggota dewan Komisi I saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) di gedung dewan, Senin (5/4/2021) agar segera dilaksanakan oleh PT. KAI dan Dinas Perhubungan Kota Medan karena masyarakat telah dirugikan.

“Segera ditindaklanjuti hal ini, kita akan terus pantau masalah ini, bila perlu saya akan turun lagi ke lokasi bersama masyarakat,” tegas Rudy Hermanto.

Rekomendasi

Seperti diketahui, dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPRD Medan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I Margaret Marpaung, didampingi Mulia Asri Rambe (Bayek), Mulia Syaputra Nasution, Sahat Simbolon, Edi Saputra.

Juga hadir Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar bersama Stafnya Suriono. Sedangkan mewakili PT KAI Panji serta beberapa warga Herlina dan Ainun telah menghasilkan rekomendasi untuk pembongkaran portal yang menutup Jalan Aloha lingkungan 2 Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan.

Dalam rapat Margaret Marpaung mengatakan, agar Dishub Medan bersama PT KAI dapat membongkar portal sebelum bulan suci Ramadhan.

“Ini mau menjelang Ramadhan, aktifitas warga meningkat apalagi hendak ziarah ke kuburan yang harus melintas jalan tersebut,” ujar Margaret.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar menyampaikan pihaknya sudah menyikapi keresahan warga dan sudah melakukan rapat kordinasi pihak PT KAI serta warga.

Dalam rapat kata Iswar, portal dimungkinkan dibuka dengan mengganti plang buka tutup. Namun harus ada izin dari Dirjen perkeretaapian.

Ditambahkan Iswar, pihaknya pun sudah menyurati PT KAI untuk menyahuti keresahan warga dan menunggu proses. “Kami minta dukungan dewan menindaklanjuti surat itu,” harap Iswar.

Sementara itu Panji selaku manejer pengamanan PT KAI menyampaikan sepakat untuk dicabut portal dan diganti plang buka tutup namun masih menunggu Dirjen Perhubungan.

Sedangkan warga lingkungan 2 Kelurahan Martubung Kec Medan Labuhan menyampaikan, pihak DPRD dan PT KAI agar berkenan memfasilitasi keresahan warga.

“Mohon bantu kami kiranya pembukaan portal dapat segera dibuka,” pinta warga. (cpb)

  • Bagikan