Waspada
Waspada » Dir Lantas Sumut Bertekad Ubah Mindset Pengendara Lalu Lintas
Medan

Dir Lantas Sumut Bertekad Ubah Mindset Pengendara Lalu Lintas

DIR Lantas Polda Sumut Kombes Pol. Wibowo. Dir Lantas Sumut bertekad Ubah mindset pengendara lalu lintas, khususnya Kota Medan sehingga semakin baik ke depannya. Waspada/gito ap
DIR Lantas Polda Sumut Kombes Pol. Wibowo. Dir Lantas Sumut bertekad Ubah mindset pengendara lalu lintas, khususnya Kota Medan sehingga semakin baik ke depannya. Waspada/gito ap

MEDAN (Waspada): Dir ektur Dit Lantas Poldasu bertekad ubah pola pikir atau mindset pengendara lalu lintas di Sumut, khususnya Kota Medan, sehingga semakin baik ke depannya.

Program awal Dir Lantas Sumut adalah bertekad semaksimal mungkin ubah mindset pengendara lalu lintas.

Hal ini dikatakan Dir Lantas Polda Sumut Kombes Pol. Wibowo kepada wartawan saat pertemuan silaturahmi, Rabu (24/6).

Menurutnya, lalu lintas di Kota Medan unik, karena ada sistem nyicil yang dibuat oleh pengendara.

Sistem nyicil dimaksud adalah, saat lampu merah ada saja sepeda motor ataupun mobil yang melanggar lampu merah saat dilihatnya jalanan kosong.

“Ini sudah lama saya tahu, karena saya bisa juga dibilang orang Medan,” ujarnya.

Dia mengatakan sistem nyicil di jalanan memang sengaja dibuat para pengendara, baik roda dua maupun roda empat.

Dengan mengubah mindset para pengendara, ia berkeyakinan hal-hal seperti itu tidak lagi terjadi.

Kombes Wibowo, yang baru satu minggu menjabat sebagai Dir Lantas, juga melirik sejumlah jalur tikus di daerah wisata yang acapkali terjadi kemacetan saat weekend tiba.

“Apalagi sekarang sudah berlaku tatanan new normal, sehingga anak-anak sekolah yang selama ini belajar virtual, dan para pekerja yang work from home pasti sudah jenuh di rumah,” katanya.

“Mereka akan memilih berlibur ke tempat-tempat wisata,” katanya.

Maka pihaknya akan fokus melakukan pengaturan di jalur wisata, karena kemungkinan besar terjadi kepadatan volume kendaraan.

Meminimalisir Kemacetan

“Yang namanya lalulintas, pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan perkembangan ruas jalan. Sebab itu pula kita akan kerja ekstra meminimalisir kemacetan lalu lintas di wilayah hukum kita,” sebutnya lagi.

Dikatakan juga, selain meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas, pihaknya juga akan mengantisipasi penurunan tingkat kecelakaan.

“Kita juga akan melakukan pembenahan di dalam, dan apapun ceritanya lalulintas tetap yang utama. Kita tetap akan tertibkan demi kelancaran berlalulintas,” katanya lagi.

Terkait pengaturan jalur wisata, Wibowo menyebut, akan mensiagakan personel Lantas di titik titik rawan kemacetan.

“Jika jalur lalu lintas stag, tidak menutup kemungkinan melakukan sistem buka tutup untuk mengurai kepadatan kendaraan,” ujarnya.

Intinya, sebut Wibowo, ia akan melakukan apapun yang bisa membuat arus lalulintas di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan menjadi semakin baik. (m10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2