Tadarus Akbar UNIVA Diikuti 2.000 Peserta

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Untuk membumikan dan meningkatkan minat baca Alquran serta pahala di bulan suci Ramadhan, Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan menggelar  Tadarus Akbar, Selasa (19/4), mulai pukul 09 sampai 10 pagi.

Tadarus Akbar  berlangsung di area UNIVA  Medan, seperti Di masjid, di teras kampus dan sekolah, di bawah pohon dan berbagai tempat terbuka di lingkungan kampus.

Rektor UNIVA Medan, Assoc. Prof. Dr. HM. Jamil, MA menjelaskan,  Tadarus Alquran atau khataman ini melibatkan 2.000 peserta  mulai dari pimpinan universitas, pegawai, dosen, mahasiswa dan siswa. 

“Seluruh peserta akan membaca Alquran secara bersamaan selama satu jam. Setiap orang akan membaca satu juz, sehingga dalam satu jam tersebut UNIVA Medan mengkhatamkan 2.000 juz Alquran,” kata rektor.

Rektor mengatakan, acara  Tadarus Akbar ini bertujuan selain sebagai ibadah di bulan suci Ramadhan, tetapi juga sebagai dakwah kepada seluruh civitas akademika secara khusus dan kepada masyarakat secara umum untuk menumbuhkan rasa cinta membaca Alquran,  apalagi di bulan mulia ini nilai membaca Alquran dilipat gandakan pahalanya oleh Allah.

Di samping juga ‘mengetuk’ pintu langit’ agar rahmat kemudahan, kesuksesan, kejayaan, akan melimpah kepada Sumut dan Indonesia. Ditambah lagi, UNIVA Medan sedang berbenah untuk menjadi kampus yang diperhitungkan di Sumatera Utara.

Berbagai program unggulan sedang dilaksanakan, termasuk pembangunan gedung di lingkungan UNIVA.Salah satu  program unggulan itu adalah kelas pengkaderan ulama yang sudah  di mulai tahun ini diharapkan semua dimudahkan oleh Allah.

“Selain itu, kami juga tengah menyempurnakan  rencana lain, seperti peningkatan akreditasi, administrasi digital, pascasarjana dan lainnya,” tegas rektor. 

Karena itu, sambung rektor,  UNIVA Medan menjadikan acara Tadarus Akbar ini sebagai momentum memulai pemantapan nilai- nilai spiritualitas di kampus UNIVA sehingga lahir sarjana, ilmuwan lulusan UNIVA yang terpatri di dalam dirinya kekuatan sains dan spiritual yang kelak bisa membawa Sumut dan Indonesia menjadi bangsa yang hebat.

“Semboyan  UNIVA saat  ini adalah MUMTAZ yang berarti unggul, salah satu upaya yang dilakukan adalah pemantapan nilai -nilai dan karakter mulia. Tadarus Akbar diharapkan dapat menginspirasi hal tersebut,” papar rektor.

Ketua Panitia Tadarus Akbar, Ustad Dahrul  M. Pd didampingi Sekretaris Panitia Ustad. Dr. Syukri menambahkan, seluruh pimpinan dan civitas akademika menyambut semangat acara ini, karena belum pernah ada acara Tadarus Akbar di mana pun di kampus di negeri ini, atau bahkan di Indonesia.

” Semoga acara ini mendapat ridho Allah sekaligus menjadi inspirasi kampus- kampus untuk membumikan Alquran,” katanya.

Dia mengatakan, gagasan Tadarus Akbar memang murni ide dan hasil renungan rektor UNIVA. Dijelaskannya UNIVA memiliki visi sebagai lembaga  pendidikan dan dakwah.” Tadarus Akbar ini menjadi salah satu misi  meningkatkan rasa  cinta dan gemar membaca Alquran ,” tandasnya. (m19)


Waspada/Ist
Rektor UNIVA Medan, Assoc. Prof. Dr. HM. Jamil, MA (baju putih) bersama para dosen sedang membaca Alquran di dalam masjid kampus. Sementara mahasiswa dan siswa melakukan hal sama di halaman dan teras kampus.  Ada 2.000 peserta mengikuti Tadarus Akbar UNIVA ini.
 

Virus-free. www.avast.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.