Suryani Paskah Naiborhu Apresiasi Haidar Raih 5 Medali Kejuaraan Renang

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Pembina Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Medan, Suryani Paskah Naiborhu, memberikan apresiasi dalam bentuk uang tunai kepada Khabib Haidar Adiwangsa, atlet renang asal Kota Medan, yang berhasil meraih 5 medali dalam kejuaraan renang yang berlangsung di Riau pada 27-28 November 2021 lalu.

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa Medan mampu menghasilkan atlet renang berprestasi dan mengharumkan nama kota ini.

Suryani Paskah Naiborhu yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Demokrat Sumatra Utara (DPD KNPD Sumut), organisasi sayap Partai Demokrat tersebut mengatakan, diusianya yang masih 12 tahun, Haidar telah mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan.

“Memperoleh 5 medali, tiga di antaranya medali emas, dalam satu kejuaraan bukanlah hal yang mudah. Namun itu bisa diraih oleh Khabib Haidar Adiwangsa yang masih berusia 12 tahun,” ujar Suryani Paskah Naiborhu yang didampingi Ketua PRSI Kota Medan, Syahriandi; Ketua Bidang Organisasi, Frans Simanungkalit; David dan Dian sebagai pelatih renang Haidar, dalam pertemuan di Medan, Kamis (9/12/2021).

Dalam kejuaraan renang Riau Open Championship yang berlangsung di Aquatic Center Rumbai milik Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan diikuti sekitar 400 perenang dari provinsi di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Pulau Jawa itu, Khabib Haidar Adiwangsa yang biasa disapa Haidar berhasil meraih 3 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu serta penghargaan sebagai perenang terbaik untuk kelompok umur IV.

Medali emas diraih Haidar, yang saat ini berada di bawah naungan Gading Swimming Club, lewat 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya dada dan 50 meter gaya kupu-kupu. Sedangkan perak dan perunggu diraih siswa SD Anif Inayah di Medan Johor ini lewat 200 meter gaya ganti dan 50 meter gaya punggung.

Motivasi

Suryani Paskah Naiborhu juga mengatakan, keberhasilan Haidar tersebut juga sekaligus dapat menjadi motivasi bagi seluruh elemen agar dapat terlibat dalam pengembangan olahraga renang di Kota Medan.

“Kota Medan memiliki bibit unggul yang hebat. Sayangnya mereka mengalami banyak keterbatasan. Baik itu masalah waktu dan keterbatasan dalam hal biaya. Karena untuk mengikuti berbagai kompetisi, khususnya di tingkat nasional, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga sangat disayangkan jika keberadaan bibit-bibit atlet renang ini tidak kita kembangkan karena terkendala biaya tadi,” ujarnya.

Suryani Paskah Naiborhu juga mengatakan, keterbatasan biaya juga menjadi penyebab minimnya kejuaraan renang berlangsung di Kota Medan. Padahal, ajang kejuaraan ini dapat menjadi sarana untuk menggali potensi perenang andal.

Suryani Paskah Naiborhu mengatakan, untuk mengatasi kendala itu, partisipasi dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan, BUMN, BUMD dan swasta sangat diharapkan.

Kalangan perusahaan dapat menyisihkan sedikit keuntungan untuk pengembangan dan pembinaan olahraga renang tersebut.

“Saya percaya bahwa Kota Medan banyak memiliki bibit unggul dibidang olahraga renang. Dengan dukungan dari berbagai pihak maka Medan dapat melahirkan perenang profesional yang mampu meraih prestasi baik ditingkat nasional maupun mancanegara. Dan Haidar sudah membuktikan hal itu,” tegasnya.

Dukungan

Ketua PRSI Kota Medan, Syahriandi, mengatakan saat ini ada 30 atlet renang yang tengah dibina oleh PRSI Kota Medan.

“Kita memang butuh dukungan dari banyak pihak. Misalnya saja untuk mengadakan banyak kejuaraan renang. Semakin banyak atlet mengikuti perlombaan, tentu skill, fisik dan mentalnya akan semakin terlatih. Di sini pentingnya mereka sering mengikuti pertandingan. Di luar itu, masih banyak lagi dukungan yang kita perlukan. Inilah upaya kita untuk menjadikan perenang Medan mampu meraih prestasi,” tuturnya.

Sementara Khabib Haidar Adiwangsa mengaku senang atas prestasi yang diraihnya. Haidar mengatakan, dirinya berlatih renang di Gading Swimming Club sebanyak 3 kali seminggu. Dan jika ingin mengikuti perlombaan intensitas latihan meningkat menjadi setiap hari.

“Terima kasih kepada Ibu Suryani Paskah Naiborhu atas apresiasi yang diberikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Syahriandi dan Frans Simanungkalit atas perhatian yang diberikan oleh PRSI Kota Medan kepada saya. Terima kasih saya sampaikan juga kepada Gading Swimming Club tempat saya berlatih serta kepada kedua pelatih, Bang David dan Dian,” tuturnya. (cdk)

Teks foto

Pembina PRSI Kota Medan, Suryani Paskah Naiborhu (kanan) yang disaksikan Ketua PRSI Kota Medan, Syahriandi, menyerahkan apresiasi kepada atlet renang, Khabib Haidar Adiwangsa. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *