Waspada
Waspada » Suryani Harap Pers Dorong Partisipasi Masyarakat Di Pilkada Medan
Medan

Suryani Harap Pers Dorong Partisipasi Masyarakat Di Pilkada Medan

MEDAN (Waspada): Bakal Calon Wakil Wali Kota Medan dari Partai Gerindra Suryani Paskah Naiborhu harap pers mampu dorong partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan yang akan berlangsung pada tahun ini.

Harap Pers dorong partisipasi masyarakat dalam Pilkada Medan disampaikan Suryani Paskah Naiborhu dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2020.

Dalam keterangannya, Minggu (9/2), Suryani Paskah Naiborhu mengingatkan pentingnya peran dunia pers dalam Pilkada 2020, khususnya pada Pilkada Kota Medan 2020.

“Peran tersebut di antaranya mendorong agar partisipasi masyarakat Kota Medan dalam Pilkada tahun ini dapat meningkat dibandingkan Pilkada Kota Medan sebelumnya yang hanya sekitar 25,56%,” jelasnya.

Upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat ini dapat dilakukan dengan terus menyosialisasikan tentang berbagai tahapan yang ditempuh dalam Pilkada Kota Medan.

“Termasuk dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Pilkada merupakan hal penting untuk memilih pemimpin berkualitas yang mampu membangun Kota Medan serta mensejahterakan masyarakatnya,” tuturnya.

Satu-satunya Balon Wakil Wali Kota Medan perempuan dari Partai Gerindra ini juga mengatakan bahwa pers berperan penting dalam mendorong penyelenggaraan Pilkada yang jujur, adil dan bersih.

“Peran ini dilakukan pers melalui fungsi pengawasannya atas setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada. Pers dapat mengawasi apakah setiap tahapan Pilkada dilakukan secara jujur, adil dan bersih. Termasuk juga mengawasi setiap aktivitas yang dilakukan oleh Balon Wali Kota dan Balon Wakil Wali Kota,” ujarnya.

Masyarakat, jelasnya, saat ini sangat membutuhkan informasi yang jernih, jauh dari hoaks, dan tidak bersifat ujaran kebencian dan SARA.

Dalam perspektif Pilkada, hal ini sangat diperlukan agar masyarakat dapat memilih calon pemimpin yang berkualitas dan berpihak kepada mereka.

Suryani Paskah Naiborhu mengapresiasi upaya pers yang telah dilakukan selama ini dalam mendukung proses Pilkada Kota Medan.

Jalankan peran

Dirinya berharap bahwa hingga hari pencoblosan serta penghitungan suara nanti, pers tetap menjalankan perannya dengan baik.

“Sebagai pilar demokrasi yang keempat, pers berperan sangat penting untuk menciptakan demokrasi yang sehat. Karena itu, kehadiran pers dalam setiap bidang kehidupan, termasuk dalam Pilkada Kota Medan, sangat diperlukan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Suryani Paskah Naiborhu mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. “Semoga pers dapat terus berpihak kepada kepentingan masyarakat dan terus maju, melalui informasi membangun yang disampaikan kepada masyarakat ,” tuturnya. (cyn)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2