Surprise Inovasi Pelayanan BPN

Surprise Inovasi Pelayanan BPN

  • Bagikan
H. Sofyan Harahap foto bersama tim BPN Medan yang datang mengantarkan sertifikat warga secara gratis. Waspada/Ist
H. Sofyan Harahap foto bersama tim BPN Medan yang datang mengantarkan sertifikat warga secara gratis. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Tidak sekadar wacana belaka, tapi BPN (Badan Pertanahan Nasional) Medan memberikan bukti, mendatangi warga Kota Medan yang sudah selesai pengurusan sertifikat tanah/rumahnya. ‘’Saya merasa surprise, serasa tidak percaya, namun benar-benar menggembirakan, mendapatkan kabar dari rekan wartawan di kantor bahwa petugas BPN Medan datang untuk menyerahkan dua sertifikat baru selesai,’’ ucap H. Sofyan Harahap, warga Jl. Cahaya Kel. Durian, Medan Timur yang bekerja di media massa, Kamis (18/11).

Menurut Sofyan, bulan lalu ia datang ke BPN Medan Jl. STM untuk mengganti dua sertifikat rumahnya yang rusak. Sempat terpikir bakal mengalami kesulitan, harus datang bolak-balik ke kantor pertanahan. ‘’Perkiraan dan bayangan bakal mengalami kesulitan ternyata tidak terjadi. Saya hanya dua kali datang dan seterusnya petugas yang datang melakukan pengukuran ulang sembari saya melengkapi surat-surat yang dibutuhkan, seperti PBB dan surat keterangan dari Lurah dan Kepling serta tetangga sebelah rumah. Tak terasa hari ini sudah selesai, Alhamdulillah sangat dimudahkan,’’ ujar Sofyan puas dengan inovasi pelayanan yang dilakukan BPN Medan.

Menurut Asmara Hadi yang datang bersama Rafensky Daulay, Astrid Meydwinna dan Radha Aulia, pihaknya dari Kantor Pertanahan Kota Medan sesuai komitmen pimpinan berupaya menciptakan inovasi pelayanan bagi masyarakat pengguna layanan. Mulai dari pelayanan di pintu masuk, layanan di loket-loket dengan menyediakan fasilitas terbaik, khususnya bagi warga usia lanjut dengan lokasi khusus dan kelengkapan kursi roda bagi yang membutuhkan (disabilitas). ‘’Bahkan, kalau warga lansia datang menjelang jam kantor tutup pun tetap kami layanan dengan baik,’’ ujarnya.

Selain meningkatkan pelayanan online, salah satu layanan yang dilakukan BPN Medan adalah pelayanan antar sertifikat atau sertipikat yang sudah selesai diantar langsung oleh petugas BPN ke alamat masyarakat yang mengurus surat-surat tanahnya. Peningkatan pelayanan ini bagian dari komitmen pimpinan, di mana tim BPN yang datang ke rumah warga sebagai bagian dari inovasi terkait pandemi Covid-19 dan gratis. Masa pandemi masyarakat diminta mengurangi mobilitas dan aktivitas di luar rumah terlebih bagi masyarakat yang berusia lanjut. Dengan adanya inovasi layanan online dan antar berkas (sertifikat) ini diharapkan masyarakat tetap dapat menikmati layanan dari Kantor BPN Medan walau di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

‘’Kita mendukung program pemerintah dalam penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) guna mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19 dari pertemuan secara langsung di kantor. “Harapan kita semua, mudah-mudahan Covid-19 ini cepat berlalu dan semuanya kembali normal seperti biasa,” demikian Asmara Hadi berpamitan karena masih ada beberapa sertifikat lagi yang harus segera diantar.(m03)

  • Bagikan