Waspada
Waspada » Stres Picu Asam Lambung Pada Perempuan
Medan

Stres Picu Asam Lambung Pada Perempuan

KETUA Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, Dr H Rudi Rahmadsyah Sambas. Stres dapat memicu asam lambung pada perempuan. Foto/ist
KETUA Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, Dr H Rudi Rahmadsyah Sambas. Stres dapat memicu asam lambung pada perempuan. Foto/ist

MEDAN (Waspada): Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres juga membuat tubuh untuk memproduksi hormon adrenalin yang berfungsi untuk mempertahankan diri.

Jika tidak bisa mengontrol stres,  maka berbagai penyakit bisa muncul terhadap semua orang. khususnya perempuan.

Dimasa Pandemi ini, dikatakan Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, Dr H Rudi Rahmadsyah Sambas (foto), bahwa stres bisa memicu penyakit asam lambung pada perempuan.

Apalagi di masa Pandemi ini banyak perempuan mengalami asam lambung karena stres yang diakibatkan rasa ketakutan berlebihan terpapar Virus corona.

“Setiap hari saya menerima pasien perempuan dengan diagnosa asam lambung, rata-rata dipicu. karena stres dan juga sejumlah faktor lainnya,” ucap Rudi Rahmadsyah Sambas pada Senin (8/3).

Adapun antisipasi yang harus dilakukan agar terhindar dari asam lambung yakni kaum perempuan di Sumut ini harus menyesuaikan jam makannya. Sebutnya asam lambung itu meningkat 4 jam sekali, sehingga disarankan harus mengkonsumsi makanan agar asam pada lambung tidak cepat naik.

“Sebaiknya 4 jam sekali ngemil. Yang baik itu ngemil buah seperti pisang, buah naga dan buah berserat lainnnya. Karena jika tidak diisi maka dapat mempercepat naiknya asam lambung,” ujarnya.

“Selain itu, buat perempuan di Sumut dimintanya banyak minum air putih, kemudian harus bisa menenangkan pikirannya agar terhindar dari penyakit asam lambung,” tandas dokter yang bertugas di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumatera Utara ini.(cbud)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2