Stok Darah PMI Kota Medan Nyaris Kosong

  • Bagikan
PMI. Memasuki hari ke 14 bulan Ramadhan plus pandemi Covid-19, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan tidak memadai bahkan kosong. Ilustrasi
PMI. Memasuki hari ke 14 bulan Ramadhan plus pandemi Covid-19, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan tidak memadai bahkan kosong. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Memasuki hari ke 14 bulan Ramadhan plus pandemi Covid-19, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan tidak memadai bahkan kosong. Mirisnya beberapa hari yang lalu tidak ada sama sekali alias 0.

“Hal itu dikarenakan pendonor yang sangat minim, sedangkan permintaan terhadap golongan darah terbilang cukup banyak,” kata Kasie Pelayanan Teknik dan BDRS UDD PMI Medan dr Ira Fitriyanty Putri Lubis di Medan, pada Senin (26/4).

Sisi lain, ia mengatakan ada juga masyarakat menganggap di bulan puasa atau sedang puasa tidak bisa donor.

“Pengalaman selama saya di PMI, syarat donor tidak ada larangan untuk melakukan donor darah selama kita berpuasa, asal dipastikan kondisi kita dalam keadaan yang benar-benar fit, saat sahur makan makanan yang bergizi seimbang, konsumsi vitamin dan minum air putih min 500 ml-1 L,” ungkapnya.

Sangat Kritis

Bahkan Ia mengaku hingga saat ini stok darah di UDD PMI Kota Medan masih terbilang sangat kritis karena hanya berkisar 50-100 kantong.

Sedangkan permintaan perhari, baik distribusi ke rumah sakit maupun kebutuhan pasien yang ambil langsung ke gedung UDD PMI Kota Medan bisa berkisar 200-300 kantong per hari.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat untuk donor darah guna menjaga kestabilan stok darah di UDD PMI Medan.

“Banyak masyarakat saat ini membutuhkan bantuan kita untuk menyelamatkan hidup mereka. Ayo kita tolong mereka, karena Tuhan memberikan anugerah kepada setiap manusia untuk menolong manusia yang lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan darah adalah bagian dari manusia yang tidak bisa diproduksi oleh pabrik. Hanya Tuhan yang menciptakannya dan dititipkan ke manusia untuk menolong sesama umat manusia.

“Lokasi donor UDD PMI Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Nomor 37, ataupun jika ingin membuat kegiatan donor darah boleh menghubungi call centre P2D2S kami di nomor 0811-6801-777,” tambahnya. (cbud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *