banner 325x300

Siswa SMPN 1 Kuala Simpang Kunjungi Harian Waspada

  • Bagikan
SISWA dan guru SMPN 1 Kuala Simpang yang berkunjung ke harian Waspada berfoto bersama. Waspada/Anum Saskia
SISWA dan guru SMPN 1 Kuala Simpang yang berkunjung ke harian Waspada berfoto bersama. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Puluhan siswa SMPN 1 Kuala Simpang, Aceh Tamiang, kunjungi  Harian Waspada Jl Brigjen Katamso No 1 Medan, Selasa (10/2).

Siswa SMPN 1 Kuala Simpang yang kunjungi harian Waspada ini diterima Asisten Redaktur Pendidikan Anum Saskia.

Turut serta dalam kunjungan ini para guru, Wakil Sarpras, Jantur Surnaya, SPd, Fitra Suryani SPd dan Fatimah SPd Guru Bahasa Indonesia, Faisal Riza SPd, Wakil Kesiswaan, Dahnita SPd Guru IPA, Cut Asnidar SPd Guru IPS.
Menanggapi

Dalam kunjungan ini, Faisal Riza memaparkan bahwa siswanya setiap tahun melaksanakan studi tur ke berbagai perusahaan di Medan serta museum.

Hal ini untuk memotivasi siswa lebih giat belajar dan mendukung minat menulis siswa. Itulah sebabnya, kata dia, peserta kegiatan dibagi dalam beberapa kelompok yang akan menuliskan tentang perjalanan studi tur.

“Kami membawa siswa ke pabrik sari roti, ke Redaksi Harian Waspada dan ke Museum Negeri Sumut,” katanya.

“Nanti siswa dengan masing-masing kelompoknya akan menuliskan apa yang mereka dapatkan setelah mengunjungi tempat yang dituju,” kata Faisal.

Terkait kunjungan ke Redaksi Waspada, kata Faisal, siswa ingin tahu bagaimana proses pembuatan berita oleh wartawan sampai jadi koran.

“Hal ini mungkin bisa menambah wawasan siswa yang punya bakat menulis, sebab kami lihat Harian Waspada ada kolom menulisnya,” kata Faisal.

Teratur

Menanggapi hal ini Anum Saskia menyebutkan wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dimuat di media massa secara teratur.

Maka seseorang yang bekerja sebagai wartawan di suatu media atau surat kabar, mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Misalkan di Harian Waspada, wartawan akan rapat pada pagi hari untuk menyampaikan proyeksi berita yang akan dikerjakan.

Kemudian, redaktur akan memeriksa berita yang dibuat wartawan dan memastikan sudah lengkap unsur berita yakni 5 W + 1 H atau disebut juga dengan istilah “adiksimba” adalah unsur yang digunakan untuk memahami inti sebuah berita.

Juga untuk menentukan suatu pokok berita. Suatu berita dapat dikatakan baik jika dapat menjawab unsur-unsur yang terdapat dalam 5W+1H  yakni: What (apa), Where (di mana), When (kapan), Who (siapa),Why (mengapa) dan How (bagaimana).

“Jika sudah lengkap maka redaktur akan menyerahkan pada petugas layout yang nantinya akan dicetak,” kata Anum Saskia.

Dia juga menceritakan bagaimana sejarah berdirinya Harian Waspada 73 tahun silam, dengan pendiri H Mohd Said dan Hj Ani Idrus.

Di kegiatan, siswa juga menceritakan pengalamanya berkunjung ke pabrik roti dan bahagia bisa melihat proses pembuatanya. (m37)

 

  • Bagikan