Waspada
Waspada » Siswa SMA/SMK Ikuti Simulasi Manasik Haji
Medan

Siswa SMA/SMK Ikuti Simulasi Manasik Haji

KACABDIS Medan Selatan Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs R Zuhri Bintang MAP didampingi Ketua Panitia Awaluddin Rangkuti melepas peserta Simulasi Manasik Haji Tingkat SMA/SMK se Kota Medan. Waspada/ist
KACABDIS Medan Selatan Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs R Zuhri Bintang MAP didampingi Ketua Panitia Awaluddin Rangkuti melepas peserta Simulasi Manasik Haji Tingkat SMA/SMK se Kota Medan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak 2.219 siswa dari 32 SMA/SMK ikuti simulasi manasik haji di Asrama Haji Medan, Kamis (20/2).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kementerian Agama Kota Medan bekerjasama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kota Medan.

Acara siswa SMA/SMK ikuti simulasi manasik haji ini dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs. R. Zuhri Bintang, MAP.

Dia didampingi Kasi SMA Saripuddin, S PdI, MA dan Kasi SMK Arwansyah Khairul Amin SH MM.

Acara dihadiri Ketua Pokjawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kemenag Kota Medan Muhammad Yusuf.

Ketua Panitia Awaluddin Rangkuti, Kepala SMA/SMK se Kota Medan dan Pengawas PAI Kemenag Kota Medan.

Apresiasi

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan Zuhri Bintang menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada panitia pelaksana Simulasi Manasik Haji Tingkat SMA/SMK se Kota Medan.

Ini baru pertama kali dilaksanakan dan berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya serta terus melakukan inovasi agar kedepan kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi.

Zuhri Bintang juga mengapresiasi kehadiran siswa SMA/SMK yang antusias mengikuti kegiatan ini walaupun dalam kondisi cuaca yang panas.

“Anggaplah ini ujian sebelum kalian melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya, karena di tanah suci Mekah kondisi cuacanya lebih panas dari hari ini.

Semoga dengan simulasi manasik haji ini dapat mempercepat mewujudkan niat suci kalian untuk menuanaikan ibadah haji,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, kegiatan Simulasi Manasik Haji ini sangat bermanfaat bagi peserta didik sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat keimanan untuk menagkal pengaruh negatif di era globalisasi saat ini.

Ketua Panitia Awaluddin Rangkuti menyampaikan, kegiatan manasik ini dilaksanakan menyerupai rangkaian ibadah haji yang sebenarnya, baik rukun maupun wajib haji.

Awaluddin menambahkan, pada kesempatan itu juga diberikan hadiah bagi sekolah yang terbanyak mengirim siswa yang diraih SMA Negeri 2 Medan.

Adapun sekolah yang siswanya memakai pakaian ihram terlengkap yang diraih SMa Negeri 19 Medan. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2