Kunjungi Waspada, Dandim Medan: Media Massa Penunjang Keutuhan NKRI

  • Bagikan
DANDIM 0201 Medan Kolonel Hindratno Devidanto SE foto bersama dengan Wapenjab Harian Waspada H Sofyan Harahap dan sejumlah wartawan usai melakukan kunjungan silaturrahmi ke kantor redaksi Harian Waspada, Kamis (18/11) di Jalan Brigjen Katamso No 1 Medan. Waspada/Andy Aditya
DANDIM 0201 Medan Kolonel Hindratno Devidanto SE foto bersama dengan Wapenjab Harian Waspada H Sofyan Harahap dan sejumlah wartawan usai melakukan kunjungan silaturrahmi ke kantor redaksi Harian Waspada, Kamis (18/11) di Jalan Brigjen Katamso No 1 Medan. Waspada/Andy Aditya

MEDAN (Waspada): Komandan Kodim 0201 Medan Kolonel Hindratno Devidanto SE menyebutkan banyak negara yang hancur karena dampak berita yang tidak benar atau hoaks sehingga kepentingan negara tertentu terpenuhi untuk menguasai sumber energi.

“Negara Suriah dan Yaman adalah salah satu contoh negara yang hancur dilanda peperangan akibat dampak berita bohong tersebut. Oleh sebab itu, media massa harus menghindari membuat berita hoaks karena media massa adalah salah satu penunjang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Media massa juga sebagai pembentuk opini yang positif untuk mempersatukan bangsa,” tegas Kolonel Hindratno Devidanto SE saat bersilaturrahmi ke kantor redaksi Harian Waspada, Kamis (18/11).

Kunjungan silaturrahmi Dandim 0201 Medan Kolonel Hindratno Devidanto SE yang didampingi Pjs Pasi Intel Mayor Kav Prima Wahyudi SH ke redaksi Harian Waspada diterima langsung oleh Wakil Penanggungjawab Harian Waspada H Sofyan Harahap SSos didampingi Evaluator/Supervisi Hang Tuah Jasa Said.

Kolonel Hindratno menambahkan, selain sebagai salah satu komponen penunjang keutuhan NKRI, media cetak berperan aktif dalam mendorong program pembangunan pemerintah.

“Saya akan tetap berkolaborasi dengan media cetak dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan mewujudkan program pemerintah,” ujar Dandim yang setiap hari rajin membaca suratkabar dan membaca isi tajuk rencana di beberapa surat kabar ini.

Selain itu, tambah Dandim, pihaknya tetap menjadikan suratkabar sebagai partnership untuk mendukung kelancaran program kerja demi kemajuan Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara khususnya.

“Karena kondisi pandemi Covid-19 membuat kegiatan-kegiatan sangat terbatas namun kolaborasi dengan media cetak tetap dilakukan,” sebut perwira menengah yang memiliki hobi baca suratkabar dan penikmat kuliner khas Medan ini. Makan lontong Medan dan soto merupakan kesukaan mantan Dandim Puncak Jaya Provinsi Papua ini.

Tatkala ditanya maraknya peredaran Narkoba di Medan, Dandim menyebutkan pihaknya tetap berkomitmen dan bersinergi dengan Polrestabes Medan untuk memberantas dan memerangi peredaran Narkoba. Selain turut memberantas peredaran Narkoba, Dandim 0201 Medan ini terlebih dahulu melakukan program penguatan di internal, selanjutnya mengarah ke eksternal.

“Setelah di internal kuat maka eksternal semakin kuat sehingga pencegahan dan pemberantasan Narkoba semakin intens,” tuturnya.

Dandim juga mengimbau para generasi muda di Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya harus memiliki dasar-dasar hidup yang kuat dan menjauhkan diri dari penyalahgunaan Narkoba dan senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan positif dan mencari inovasi-inovasi baru demi meraih masa depan.

Sementara itu, mewakili Pemimpin Redaksi Harian Waspada H Prabudi Said, Wapenjab Harian Waspada H Sofyan Harahap melaporkan bahwa surat kabar Harian Waspada merupakan suratkabar tertua di Sumatera Utara dan memiliki sejarah panjang sejak dari masa perjuangan memperebutkan kemerdekaan RI hingga di era sekarang ini, di mana saat pandemi Covid-19 seluruh suratkabar mengalami penurunan oplah dan iklan.

“Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia juga merasakan dampaknya pandemi Covid-19. Tiras suratkabar mengalami penurunan drastis hingga 50 persen,” sebut Sofyan Harahap.

Sofyan menambahkan, diprediksi dalam beberapa tahun ke depan, di suatu daerah nanti bisa 1 atau 3 suratkabar yang bisa bertahan namun ada catatannya.

“Dengan catatan, kalau suratkabar menampung aspirasi masyarakat dan kegiatan berbagai komunitas lainnya maka akan tetap bisa bertahan,” ujar Sofyan seraya menambahkan bahwa suratkabar/media cetak sekarang juga melengkapi diri dengan mendirikan media online termasuk Harian Waspada yang juga memiliki media online yakni waspada.id.

Namun, tambah Sofyan, sesuai dengan namanya Waspada, koran Waspada telah mengantisipasi datangnya ‘bencana’ dengan membekali wartawannya mengikuti berbagai pendidikan termasuk mengikuti ujian uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar oleh Dewan Pers dan PWI.

Kunjungan silaturrahmi Dandim 0201 Medan ke beberapa kantor redaksi suratkabar di Medan itu diawali dengan mengunjungi kantor redaksi Harian Waspada.

Silaturrahmi tersebut diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Dandim 0201 Medan Kolonel Hindratno Devidanto kepada Wapenjab H Sofyan Harahap dan foto bersama.(m27)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *