Silaturahim Ke Bupati Asahan, WR 3 UIN Sumut Dorong  Pemkab Buka Program Beasiswa Bagi Mahasiswa

Silaturahim Ke Bupati Asahan, WR 3 UIN Sumut Dorong  Pemkab Buka Program Beasiswa Bagi Mahasiswa

  • Bagikan
WR 3 UIN Sumut Dr Nispul Khoiri MAg (tengah) berfoto bersama Sekda Asahan  usai bersilaturahmi  , Sabtu (25/9), di Kantor Bupati Asahan. Waspada/ist
WR 3 UIN Sumut Dr Nispul Khoiri MAg (tengah) berfoto bersama Sekda Asahan  usai bersilaturahmi  , Sabtu (25/9), di Kantor Bupati Asahan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Keran kerja sama antara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut)  dengan Pemkab Asahan  kini semakin terbuka lebar. Hal ini ditunjukan dalam moment silaturahim yang dilakukan  Wakil Rektor 3 UIN Sumut, Dr. Nispul Khoiri kepada  Bupati Asahan diwakili Sekda Pemkab Asahan, Sabtu (25/9).

Kunjungan Dr Nispul Khoiri MAg  bersama dan jajarannya ke Pemkab Asahan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan Drs H. John Hardi Nasution MSi, Sabtu (25/09), di Kantor Bupati Asahan di Kisaran. “Kunjungan dan silaturahmi ke Pemkab Asahan ini untuk menjalin sinergi dan mengajak Pemkab Asahan untuk turut memberikan bantuan beasiswa kepada putra/putri Asahan yang sedang kuliah di UIN Sumut.

Dalam pertemuan itu, WR 3  mengemukakan sejumlah poin rencana kerja sama yang digaet bersama Pemkab  mengenai program strategis di bidang pendidikan. Kepada  Sekda, ia meminta kesediaan Pemkab  untuk memberikan beasiswa kepada pada putra-putri terbaik Asahan .

“Dengan program beasiswa ini,  saya  berharap dapat memberi akses serta kesempatan yang lebih luas kepada putra-putri daerah untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” kata Dr Nispul Khoiri. Ia mendorong  Pemkab Asahan  menyisihkan sebagian APBD untuk  beasiswa kuliah.

Menurutnya, UIN Sumut mengajak Pemkab Asahan bersinergi untuk membantu putra kabupaten Asahan yang menempuh pendidikan  melalui Sadaqah Janatul Kebijakan. “Kami mengajak Pemkab Asahan  melakukan sedekah jariah melalui kebijakan  dengan  memberikan bantuan beasiswa dari APBD kabupaten ini,” ungkapnya.

Nispul yang juga Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Sumatera Utara ini mengatakan, Beberapa daerah sudah kami dorong dan menyambut baik program ini. “Hal ini tidak saja sebagai bentuk perhatian kepala daerah dalam mencerdaskan masyarakatnya sekaligus saya sebut sebagai shodaqatul jariah kebijakan bagi pembuat kebijakan seperti bupati, wakil bupati, anggota DPRD, sekda dan lainnya,” terangnya.

Menurutnya, pandemi Covid- 19 ini sangat memberikan dampak luas kepada  masyarakat, terutama bagi mahasiswa.

Turunkan Uang Kuliah Tunggal

Perhatian dan kebijkan UIN Sumut turut membantu dengan menurunkan Uang Kuliah Tunggal mulai dari 10 persen-50 persen dan 100 persen  sifatnya keadilan distributif.

“Namun ini tdak lah cukup dukungan kepala daerah dibutuhkan. Saya mengajak  pak bupati dan wali kota untuk  menyisihkan APBDnya untuk  putra daerah dengan  bantuan beasiswa,” katanya.

Sedangankan  Sekda Pemkab Asahan mengatakan  menyambut baik gagasan WR 3 tersebut dan akan segera menyampaikannya ke bupati.

“Kami sangat menyambut baik usulan ini  karena itu akan  menjadi pertimbangan kami dan segera akan disampaikan kepada pak bupati,” katanya.

Dia mengakui, masa depan pendidikan putra daerah  yang saat ini kuliah di UIN Sumatera Utara juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Asahan. (m19)

  • Bagikan