Waspada
Waspada » Siapkan Beasiswa Hingga Fakultas Ketahanan Nasional
Medan

Siapkan Beasiswa Hingga Fakultas Ketahanan Nasional

PROF Arif saat memberikan keterangan kepada wartawan di Medan, Jumat (27/11) sore. Waspada/ist.
PROF Arif saat memberikan keterangan kepada wartawan di Medan, Jumat (27/11) sore. Waspada/ist.

MEDAN (Waspada): Calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) sudah menyiapkan program unggulan, apabila terpilih. Mengusung tema  Merah Putih USU Merdeka Belajar, program unggulan Prof Dr HM Arif Nasution MA meliputi beasiswa non akademik hingga membangun Fakultas Ketahanan Nasional.

Terkait beasiswa misalnya, kata Prof Arif bagi siswa yang memiki prestasi di bidang lain, seperti olahraga dan seni bisa lulus langsung, tanpa mengikuti proses seleksi.

“Selama ini kan belum ada, ke depan akan diberlakukan, ” ujar Prof Arif saat pemaparan visi misi di Medan, Jumat (27/11) sore.

Mengenai teknis dan kuotanya, kata dia sedang dalam proses pembahasan. Selain program beasiswa non Pendidikan, dia juga telah menyiapkan  berbagai program untuk, menselaraskan kurikulum Pendidikan dan industri pekerjaan.

“Proses pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa diharapkan dapat membentuk hardskill  dan sofskill yang kuat bagi mahasiswa,” ungkapnya.

Lebih dari itu, kata Prof Arif program lain seperti penelitian juga akan ditingkatkan.

“Seperti  kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya ada peningkatan mutu pendidikan serta pembangunan integritas, ” tandasnya.

Lalu program unggulan lainnya yang menjadi priortas yakni membangun Fakultas Ketahanan Nasional.

“Mendirikan Fakultas Ketahanan Nasional dalam upaya melahirkan generasi penerus bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan,” ujar Prof Arif.

Hempang Faham Radikalisme

Program ini kata dia dicanangkan untuk menghempang faham, yang merusak kerukuanan berbagsa dan bernegara masyarakat Indonesia.

“Ini dilakukan dalam rangka menolak penyebaran faham radikalisme, terorisme dan anarkis yang bertentangan dengan ideologi pancasila,” harapnya

Diketahui sebelumnya pemilihan Rektor USU periode 2021-2026 akan berlangsung  3 Desember 2020. Ini merupakan rangkaian terakhir dari seluruh tahapan yang ada.

Berdasarkan penyaringan dari Senat USU Pada ada 3 calon yang lulus seleksi.  Salah satunya Prof Arif. Sedangkan dua lainnya  Prof Farhat dan Dr Muryanto Amin.

Selanjutnya ke 3 calon akan dipilih oleh Majelis Wali Amat yang terdiri 21 orang. Termasuk di dalamnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, gubernur, rektor, unsur senat dan perwakilan masyarakat.  Dalam pemilihan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memili suara terbesar. Yakni 35% suara. (m15).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2