Waspada
Waspada » Semua Pihak Harus Jaga Marwah USU
Medan

Semua Pihak Harus Jaga Marwah USU

PROF Dr H Hasim Purba, SH MHum salah seorang Anggota MWA USU unsur Senat Akademik. Semua pihak harus jaga marwah USU. Waspada/Ist
PROF Dr H Hasim Purba, SH MHum salah seorang Anggota MWA USU unsur Senat Akademik. Semua pihak harus jaga marwah USU. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Adanya riak-riak isu self plagiarism yang dituduhkan kepada Rektor USU terpilih periode 2021-2026 perlu direspon secara arif dan bijaksana serta penuh kehati-hatian. Alhamdulillah permasalahan tersebut sudah diserahkan kepada Mendikbud dan semua pihak diminta harus jaga marwah USU.

Demikian penjelasan Prof Dr H.Hasim Purba, SH.MHum salah seorang Anggota MWA USU unsur Senat Akademik, Senin (18/1) yang turut hadir dalam rapat Pleno MWA USU secara virtual zoom pada Jumat lalu.

Kata dia, Rapat Pleno MWA USU yang juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI diwakili Dirjen Dikti Prof Dr Nizam dan Gubsu bapak H Edy Rahmayadi, termasuk rapat yang lengkap dihadiri seluruh Anggota MWA USU.

Menyangkut permasalahan dugaan plagiat yang dituduhkan bahkan termasuk adanya SK Rektor USU yang menjatuhkan sanksi kepada Rektor terpilih Dr.Muryanto Amin, S Sos M.Si. juga menjadi bahan telaah dan kajian dari Tim Kemendikbud RI yang akan segera diberikan putusan akhir dari Menteri.

Demikian penjelasan Dirjen Dikti Prof Dr Nizam yang hadir mewakili Mendikbud RI dalam rapat Pleno MWA USU secara virtual zoom tersebut.

Disebutkannya, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan segera membentuk tim untuk mengkaji secara komprehensif permasalahan kebenaran tuduhan plagiat yang dialamatkan kepada Dr Muryanto Amin.

Termasuk juga penerbitan SK Rektor USU yang telah menjatuhkan sanksi akademik kepada Dr Muryanto Amin, baik menyangkut prosedur penerbitan SK maupun substansi SK serta kinerja Tim Kode Etik juga akan diadakan evaluasi oleh Tim Kemendikbud RI.

Hal ini sesuai dengan Statuta USU Pasal 27 ayat (2) poin f yang pada intinya menyatakan bila ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan di tingkat internal USU maka penyelesaian alhir diserahkan kepada Menteri.

“Jadi yang kita pedomani tetap Ststuta USU dalam mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada,” katanya.

Putusan Kemendikbud

Selain itu Prof Hasim Purba yang juga Ketua Umum MD KAHMI Medan itu menambahkan bahwa menyangkut jadwal pelantikan Dr Muryanto Amin, S Sos M Si sebagai Rektor USU Periode 2021-2026 juga tergantung keputusan Kementerian Dikbud.

Kalau dilihat SK MWA USU tentang pengangkatan Rektor USU Periode 2016-2021 jatuh tempo atau berakhir tanggal 21 Januari 2021.

Ditambahkannya, namun bila merujuk kepada Berita Acara Pelantikan Rektor lama periode 2016-2021 terhitung mulai tanggal 28 Januari 2016.

Jadi bisa saja pelantikan Dr Muryanto Amin, S Sos M.Si sebagai Rektor USU periode 2021-2026 tanggal 21 Januari 2021 atau tanggal 28 Januari 2021 yang akan datang.

“Yang penting adalah jangan sampai terjadi kekosongan jabatan Rektor USU atau vacuum of power. Karena secara hukum tidak boleh terjadi kekosongan jabatan selama satu hari pun dalam suatu institusi seperti USU,”  katanya.

Pihaknya mendoakan agar semua berjalan lancar dan semua pihak diharapkan jaga marwah USU.

“Masyarakat dan pemerintah juga diminta untuk memberikan dukungan dan kepercayaan penuh kepada USU sebagai universitas kebanggaan masyarakat Sumut dan Indonesia pada umumnya,” ucapnya.

Hal lain disampaikannya, USU adalah milik kita bersama,  almamater yang harus kita rawat, kembangkan dan majukan untuk menghasilkan alumni-alumni yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berkualitas, berkarakter, berakhlak, profesional, terampil dan siap mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat bangsa dan negara tercinta. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2