Selain Covid-19,  Ada 10 Penyakit Lain Hantui Masyarakat Medan

Selain Covid-19,  Ada 10 Penyakit Lain Hantui Masyarakat Medan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Selain penyakit Covid-19 yang menyerang masyarakat bahkan penyakit ini juga kini menjadi fokus berbagai pihak dalam penanganannya. Namun, ternyata saat ini ada 10 jenis penyakit juga tengah menghantui masyarakat.

Bahkan juga penyakit-penyakit lain selain Covid-19 ini justru membuat fasilitas-fasilitas kesehatan ramai pasien. Begitu juga rumah-rumah praktek juga penuh pasien.

Hal inipun diakui oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan, Mardohar Tambunan bahwa sebutnya ada 10 penyakit yang ramai menyerang masyarakat. Pastinya Covid-19 adalah peringkat pertama. Penyakit lain itu yakni struk, jantung, diabetes, ISPA, TB, asam lambung dan lainnya.

“Saat ini semua terfokus pada pandemi Covid-19 sehingga kita lupa sebenarnya penyakit lain itu banyak juga menyerang masyarakat dan harus juga mendapat perhatian,” ucapnya kepada Waspada pada Selasa (27/7).

Mardohar menghimbau kepada masyarakat agar menjalankan pola hidup sehat dan bersih. Hidup sehat salah satunya menjaga pola makan. Masyarakat harus mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan makan teratur sesuai jadwalnya.

Memang diakuinya, pola makan memang kerap menjadi masalah apalagi bagi kalangan ekonomi bawah. Yang penghasilannya dapat hari ini buat makan hari ini. Inilah sebutnya kendati demikian tetap saja makanan sehat harus dapat dipenuhi, sehingga dapat terhindar dari berbagi penyakit.

“Misalnya penghasilannya hanya Rp 25 ribu sehari, nah dengan uang segitu masyarakat itu harus bisa menggunakannya memperoleh makanan yang sehat dan bersih. Jangan asal kenyang. Jangan karena gajinya kecil terus makannya tidak seimbang atau makan tidak sehat. Inilah katanya harus dirubah. Dan selain itu lingkungan harus bersih,” tegas Mardohar.

Sementara itu, pantauan di lapangan memang fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit juga rumah Praktek setiap hari ramai pasien. Dan banyak ditemukan sampai antrian panjang. Ketika ditanya banyak keluhan pasien itu menderita batuk, sakit kepala, asam lambung, dan juga demam. (cbud)

  • Bagikan