Waspada
Waspada » SDS IT Siti Hajar Tanam Pohon Di Bantaran Sungai
Medan

SDS IT Siti Hajar Tanam Pohon Di Bantaran Sungai

KEPALA SDS IT Siti Hajar Medan, Rahmad Martuah, S Sn, M Pd Siswa bersama siswa/i dan guru menanam pohon di bantaran sungai di Kota Medan dan sekitarnya. Waspada/Ist
KEPALA SDS IT Siti Hajar Medan, Rahmad Martuah, S Sn, M Pd Siswa bersama siswa/i dan guru menanam pohon di bantaran sungai di Kota Medan dan sekitarnya. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Masa Pandemi yang sedang terjadi tidak menghalangi semangat siswa/i Duta Lingkungan SDS IT Siti Hajar Medan lengkap dengan atribut protokol kesehatan untuk tetap memelihara lingkungan, yakni dengan tanam pohon di bantaran sungai.

Berangkat dari kejadian yang baru-baru ini terjadi di kota Medan, yaitu bencana banjir, Minggu, (10/01) SD Siti Hajar Medan melaksanakan tanam bibit pohon di daerah bantaran sungai.

Aksi ini dilakukan untuk memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Januari.

Rombongan berangkat dilepas langsung oleh Kepala SDS IT Siti Hajar Medan, Rahmad Martuah, S.Sn, M.Pd tepat pukul 08.00 WIB dan bergerak ke 5 titik penanaman, yaitu; Sungai Deli, Sungai Permai, Sungai Babura, Sungai Simalingkar dan daerah sekitar sekolah.

Rahmad Martuah berpesan, tumbuhan adalah pasangan hidup sejati manusia dan kita akan mati tanpa adanya tumbuhan, karena tumbuhan menghasilkan oksigen untuk manusia dan CO2 yang manusia hasilkan dibutuhkan oleh tumbuhan. “Oleh karena itu, kita perlu menanam pohon untuk kelangsungan hidup manusia,” tegasnya.

Dalam aksi penanaman bibit pohon ini, pihak sekolah bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Wampu Sei Ular untuk pengadaan bibit dan mendapatkan bantuan 1.030 bibit pohon yang terdiri dari : bibit pohon pucuk merah, ketapang kencana, trembesi, flamboyan, jengkol, pete, manggis, tebubuya, sirsak dan durian.

Siswa/I Duta Lingkungan yang terdiri dari 35 siswa dibagi ke dalam 5 kelompok didampingi oleh para guru, komite sekolah dan orangtua murid. Dalam hal ini, sekolah juga bekerja sama dengan organisasi peduli lingkungan Go River dalam pelaksanaannya.

Dukungan

Kegiatan ini juga tidak lepas dari dukungan beberapa pihak seperti Komite Sekolah, orang tua murid, Kepala Lingkungan 3 Kuala Bekala, Kepala Lingkungan Mangga, pihak Avros Park dan warga Jl. Pales Pokok Mangga.

Tanggal 10 Januari diperingati sebagai hari gerakan sejuta pohon sedunia. Setiap tanggal ini kita diingatkan betapa pentingnya melestarikan pohon.

Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertimbuhan manusia. Proses fotosintesis yang ia punya menjadi komponen alami krusial bagi manusia.

Pohon dapat mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dan mengeluarkan Oksigen ke udara untuk nafas manusia. (cas)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2