Waspada
Waspada » Sarana Pendidikan Agama Islam Di Medan Utara Masih Minim 
Medan

Sarana Pendidikan Agama Islam Di Medan Utara Masih Minim 

ABDUL Latif Lubis, anggota DPRD Medan. Sarana pendidikan agama islam di Medan Utara masih minim. Waspada/Ist
ABDUL Latif Lubis, anggota DPRD Medan. Sarana pendidikan agama islam di Medan Utara masih minim. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sarana pendidikan Agama Islam di kawasan Medan Utara terbilang minim. Saat ini, hanya ada tiga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) sedangkan Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tidak ada.

Sementara, Madrasah Aliyah Negeri 4 Persiapan yang berada di Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan sampai sekarang statusnya belum definitif.

Menyikapi kondisi tersebut Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS, Abdul Latif Lubis (foto) menyesalkan belum optimalnya pendidikan madrasah di Medan Utara, termasuk minimnya jumlah sarana pendidikan madrasah negeri yang masih bisa dihitung jari. Apalagi penduduk di pesisir Medan Utara mayoritas muslim.

“Minimnya pendidikan bercirikhas Islam ini menunjukkan Pemerintah Kota Medan belum berpihak kepada masyarakat Medan Utara. Jumlah madrasah berstatus negeri hanya bisa dihitung dengan jari sebelah tangan, diantanya tiga unit Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kecamatan Medan Belawan, yakni terdapat di Kelurahan Belawan II dan di Kecamatan Medan Labuhan, terdapat di Kelurahan Nelayan Indah dan Sei Mati,” sebut Abdul Latif kepada Waspada, Senin (22/2) di Medan Marelan.

Menurut Abdul Latif,  Madrasah Tsanawiyah Negeri di Medan Utara sama sekali tidak ada, begitu pula Madrasah Aliyah Negeri yang sejak berdiri lebih lima tahun, statusnya masih MAN 4 Persiapan di Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan belum depinitif.

Dirikan MTs

Politikus dari PKS ini meminta agar Kantor Kementerian Agama Kota Medan dan Kakanwil Kemenag Sumatera Utara  segera mendirikan MTs Negeri dan MAN di setiap kecamatan yakni Kecamatan Medan Marelan, Medan Labuhan, Medan Deli dan Medan Marelan.

“Jadi, di setiap kecamatan di Medan Utara ada harus MIN, MTSn dan MAN,” harap  anggota dewan  dari Dapil II Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marelan dan Medan Deli tersebut.

Selain itu, tambah Abdul Latif, rencana pembangunan gedung Islamic Centre di Medan Labuhan sampai sekarang masih terkatung katung, padahal rencana pembangunan sudah diwacanakan sejak Wali Kota Medan dijabat Abdillah namun dananya masih selalu SILPA.

“Kepada Pemko Medan diminta agar segera membangun gedung Islamic Centre dengan dana yang sudah dianggarkan kembali tahun 2021 dan semoga pembangunannya bisa diwujudkan,” sebut Abdul Latif. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2