Waspada
Waspada » Sambut Hari Sejuta Pohon, Kepling Warga Cabut Paku
Medan

Sambut Hari Sejuta Pohon, Kepling Warga Cabut Paku

PARA  kepala lingkungan (Kepling) se Kecamatan Medan Labuhan cabut dan mengumpulkan paku-paku, poster dan spanduk dari pohon-pohon di pinggir Jl KL Yos Sudarso, Sabtu (9/1) dalam rangka menyambut Hari Sejuta Pohon. Waspada/Andi Aria Tirtayasa
PARA  kepala lingkungan (Kepling) se Kecamatan Medan Labuhan cabut dan mengumpulkan paku-paku, poster dan spanduk dari pohon-pohon di pinggir Jl KL Yos Sudarso, Sabtu (9/1) dalam rangka menyambut Hari Sejuta Pohon. Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Puluhan kepala lingkungan (kepling) di Kecamatan Medan Labuhan membersihkan pohon-pohon di jalan protokol dan sepanjang Jl. KL Yos Sudarso dan cabut paku-paku dan spanduk yang menempel di pepohonan, Sabtu (9/1).

Pencabutan paku-paku, spanduk dan poster-poster untuk menjaga kelestarian pohon sekaligus menjaga paru-paru inti kota demi kesinambungan hidup generasi muda.

Dengan menggunakan linggis dan martil, 57 kepala lingkungan mencabuti paku-paku dan spanduk dari Pohon-pohon Mahoni sehingga dalam hitungan sekejap ratusan paku terkumpulkan.

Seorang kepala lingkungan menyebutkan, Hari Sejuta Pohon jatuh pada Minggu (10/1) dan mengajak seluruh warga agar peduli dengan lingkungan hidup, merawat dan melestarikan pepohonan serta ruang tata hijau.

“Warga masyarakat dan generasi muda harus memiliki jiwa menanam pohon dan melestarikannya demi menghijaukan lingkungan hidup, karena pohon adalah paru-paru kota yang harus dipertahankan,” sebut seorang kepala lingkungan.

Selain itu, tambah Kepling tersebut, dengan mencabut paku-paku yang menancap di pepohonan akan menyelamatkan pohon dari kerusakan sekaligus mampu membersihkan udara dan menyerap air, mencegah banjir, apalagi di kawasan Kecamatan Medan Labuhan banyak tersapat usaha perindustrian.

Hari Sejuta Pohon

Tanggal 10 Januari diperingati sebagai hari gerakan sejuta pohon sedunia. Setiap tanggal ini kita diingatkan betapa pentingnya melestarikan pohon.

Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertimbuhan manusia. Proses fotosintesis yang ia punya menjadi komponen alami krusial bagi manusia.

Pohon dapat mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dan mengeluarkan Oksigen ke udara untuk nafas manusia.

Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan soal kelestarian pohon melalui gerakan Satu Miliar Pohon. Gerakan ini pada 2012 telah menanam pohon hingga 732 juta pohon atau sebanyak 70 persen dari target satu miliar.

Forest Watch Indonesia (FWI) memperkirakan selama periode 2013 sampai 2017 sebanyak 5,7 juta hektar di Indonesia telah berkurang.

Rata-rata setiap tahun defortasi hutan ini memyusut sebanyak 1,4 juta hektar. Seperti di wartakan Antara, FWI menjelaskan bahwa Kalimantan merupakan daerah yang paling banyak kehilangan hutan, yaitu sebanyak 2 juta hektar. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2