Waspada
Waspada » Salink Redam Salurkan Bantuan Kepada Keluarga Terdampak Covid-19
Medan

Salink Redam Salurkan Bantuan Kepada Keluarga Terdampak Covid-19

PLT Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution menyerahkan bantuan diberikan Dr dr I Nyoman E L M Kes, AIFM. Salink Redam salurkan bantuan kepada keluarga terdampak Covid-19. Waspada/ist
PLT Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution menyerahkan bantuan diberikan Dr dr I Nyoman E L M Kes, AIFM. Salink Redam salurkan bantuan kepada keluarga terdampak Covid-19. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Satuan Lingkungan Respon Dampak atau Salink Redam salurkan bantuan kepada keluarga terdampak Covid-19 di Medan Marelan dan Medan Deli.

Salink Redam salurkan bantuan kepada keluarga terdampak Covid-19, yang berasal dari corporate social responsibility (CSR) Universitas Prima bersama RS Royal Prima.

Penyerahan bantuan diberikan Salink Redam Rabu (22/4) kepada 1.000 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Medan Marelan dan Medan Deli.

Inisiator Salink Redam Covid-19, Syahlan Jukhri Nasution, Rabu (22/4) menyebutkan, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Sebelumnya, Salink Redam Covid-19, juga sudah menyalurkan sebanyak 160 paket kebutuhan pokok di Kecamatan Medan Barat.

Bantuan tahap pertama ini  digalang dari berbagai pihak, termasuk dari rumah tangga-rumah tangga yang memiliki kepedulian terhadap pandemi Covid-19 ini.

Ini bergotong royong menghidupkan remaja masjid dan membekali masyarakat, koordinasi dengan kepling,  dan mendata calon penerima.

“Dan yang diprioritasskan itu mereka dhuafa-dhuafa baru, fakir miskin baru yang terdampak dari Covid 19 ini,” ujar Syahlan.

Luar Biasa

Setelah mendata, dilakukan penggalangan bantuan kepada warga dengan satu mug beras.

“Dan di Medan Marelan ini sedang jalan, animo masyarakat sangat luar biasa. Yang mengantar tidak hanya satu mug saja,” katanya.

“Namun ada yang bergoni goni juga. Selain itu yang berpartisipasi juga tidak hanya yang mampu, yang kita anggap susah juga banyak yang berpartisipasi,”ujarnya.

Dia menambahkan, bantuan yang galang tersebut kemudian akan disalurkan ke masyarakat di daerah tersebut juga.

“Tapi untuk penyaluran yang hari ini berbeda. Alhamdulillah gerakan kita ini menginspirasi pak wali,” katanya.

“Royal Prima yang ingin melakukan kegiatan bakti sosial ini, bantuan kemanusiaan ini. Pak wali menyarankan koordinasi sama kita,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini disebabkan metode yang dilakukan, bantuan tersebut disalurkan dengan tidak mengumpulkan masyarakat.

Namun, justru diantar langsung ke rumah warga.

“Makanya, tidak sempat terjadi kerumanan massa. Kita menghindari pola seperti ini,” katanya.

Jadi tugas kita ada paket yang diberikan intansi sama kita, kita bantu menyalurkan dari rumah ke rumah.

“Dengan alamat yang jelas, dengan konfirmasi dari kelurahan kepling,” imbuhnya seraya menekankan pergerakan ini juga melibatkan kepling.

Ringankan Beban Warga

Rektor Universitas Prima (Unpri), Dr Crismis Novalinda Ginting MKes dalam sambutannya, mengatakan pihaknya memberikan bantuan sebanyak 1.000 paket.

Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari Rumah Sakit Royal Prima menghadapi pandemi Covid-19.

“Harapan kita, masyarakat bisa terbantu walaupun tidak seberapa. Paling tidak bisa meringankan beban masyarakat,” katanya.

“Kita juga sangat apresiasi upaya yang dilakukan Pemko Medan untuk menanggulangi wabah Covid-19,” katanya.

“Kita, Unpri dan rumah sakit juga mendukung dan membantu pemerintah untuk membantu meringankan pemerintah dan masyarakat,” ujarnya .

Dr Crismis Novalinda Ginting MKes menambahkan, selain bantuan tersebut pihaknya juga menyalurkan bantuan ke masjid dan gereja.

Selain itu,  anggota DPRD Medan, Abdul Rahman Nasution yang hadir dalam kesempatan tersebut  mengapresiasi kegiatan tersebut.

Namun dia berharap manajemen pemerintahan dan stoke holder lainnya, hadir untuk mengatasi wabah ini, sehingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa dilakukan.

Karena, langkah tersebut akan lebih efektif memutus mata rantai Covid-19.

Sebelumnya, Sekretaris Forum Komunikasi Pemuda Muslim (FKPM) Reza Pahlevi Samosir menyebutkan, ketika ada kegiatan sosial seperti ini, remaja masjid sangat antusias untuk berpartisipasi.

Termasuk, mendata masyakarakat yang kurang mampu, menggalang donasi dari warga satu mug beras yang dikumpulkan dari rumah ke rumah.

Tidak hanya itu, dengan wabah ini juga menginspirasi pihaknya untuk membuat flim pendek tentang Covid-19.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution dan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga warga.

Selain itu juga hadir, pendiri Rumah Sakit Royal Prima, Dr dr I Nyoman E L M Kes, AIFM. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2