Sakhyan Asmara Ikuti Fit And Proper Test Golkar: Jangan Ragu Usung Saya - Waspada

Sakhyan Asmara Ikuti Fit And Proper Test Golkar: Jangan Ragu Usung Saya

  • Bagikan
Dr Sakhyan Asmara, MSP saat fit and proper test di DPD Golkar Sumut, Jln Wahid Hasyim, Senin (20/1). Waspada/Ist
Dr Sakhyan Asmara, MSP saat fit and proper test di DPD Golkar Sumut, Jln Wahid Hasyim, Senin (20/1). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Bakal calon Wali Kota Medan, Dr H Sakhyan Asmara MSP menyampaikan visi dan misi di DPD Partai Golkar sebagai salah satu syarat untuk diusung Partai Golkar. Dalam kegiatan fit and proper test ini Sakhyan menegaskan untuk tidak ragu mengusungnya menjadi calon Wali Kota demi kejayaan kota Medan.

“Saya siap membangun Medan bersama Golkar dan Parpol pengusung lainnya. Untuk itu jangan ragu mengusung saya demi membangkitkan kejayaan Kota Medan yang kita cintai ini,” ujar Sakhyan Asmara, saat di DPD Golkar Sumut, Jln Wahid Hasyim, Senin (20/1).

Menurut Sakhyan Asmara, acara fit and proper test ini penuh dengan suasana kebatinan. Di mana para panelis bukanlah orang yang asing baginya. Tak hanya itu Sakhyan mengaku pernah menjadi bagian dari Golkar di era 1999, pada tahun tersebut dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Manager Kampanye Golkar. Namun setelah keluar aturan pemerintah yang melarang PNS ikut dalam keanggotaan Parpol, diapun menarik diri dari seluruh Parpol yang pernah digelutinya.

Saat fit and proper test tersebut, Sakhyan Asmara mengaku pengembangan SDM menjadi prioritas dalam visi-misinya membangun Kota Medan. Dia ingin membina keberagaman dengan pembangunan karakter bagi masyarakat.

“Pembangunan Kota Medan harus dibarengi dengan pengembangan SDM. Sehingga jika itu sudah diciptakan maka masyarakat bisa sama-sama menjaga dan memelihara kota yang kita cintai ini,” tegas Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan ini.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pilkada Partai Golkar Sumut Sangkot Sirait, mengatakan untuk penjaringan bakal calon kepala daerah, ada beberapa tahapan yang sebelumnya dilakukan di tingkat kabupaten/kota maka selanjutnya adalah tahapan di Partai Golkar Provinsi Sumut, salah satunya adalah melakukan fit and proper test. “Fit and proper test ini sudah kita laksanakan dari tanggal 18 Januari sampai 21 Januari 2020,” katanya.

Ia mengatakan, di dalam kegiatan fit and proper test diharapkan pihaknya dapat mendengarkan visi misi dari bakal calon dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara dari tiga panelis ahli yang berkompeten dibidangnya masing-masing. “Panelis kita tugaskan dari internal Partai Golkar maupun kalangan akademisi dengan menggandeng Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara,” tambahnya.

Setelah dilakukan fit and proper test yang dilakukan para panelis, Partai Golkar akan melanjutkan ke tahapan survei di bulan Februari mendatang.

Uji kelayakan dan kepatutan digelar dengan durasi maksimal satu jam dengan tiga orang panelis dan menanyakan lima aspek materi yakni kepemimpinan, integritas, komunikasi, wawasan kebangsaan dan daerah, serta komitmen kepartaian.

Dari data Partai Golkar Sumut ada 171 peserta dari 23 kabupaten/kota yang mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah Bupati dan Wali Kota, tampak hadir diantaranya adalah Bobby Nasution, Ihwan Ritonga, Darwin Siagian, Maruli Siahaan, dan Akhyar Nasution. (m07/A)

  • Bagikan