Ruang Studio, Bisnis Foto Beromzet 1 Miliar

  • Bagikan

MEDAN, ( Waspada); Terhitung sudah lebih 2 tahun pandemi Covid-19 mengguncang dunia, namun hal itu bukan menjadi alasan untuk terus membenarkan keterpurukan, bermalas-malasan, dan menyalahkan keadaan.

Di tengah pandemi kemarin, Muhammad Hadjid, pemuda asal kota Medan berhasil mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang fotografi, bernama Ruang Studio yang terbilang cukup sukses.

Bahkan, tak perlu menunggu waktu yang lama bisnis yang ia tekuni ini mampu meraup omzet sebesar 1 Milyar, hanya dalam kurun waktu setahun.

Tak ada kesuksesan yang didapat secara instan, semua ada prosesnya. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh Muhammad Hadjid. Ia mengawali kariernya sebagai seorang fotogafer lepas yang mendapatkan penghasilan tidak tetap.

Pada saat Maret 2020, Virus Covid-19 melanda Indonesia, pekerjaannya sebagai fotografer lepas semakin tak menjanjikan. Namun, kecintaannya dan ketekunannya terhadap dunia fotografi, membuatnya harus berani mencoba hal baru yang dapat membalikkan keadaannya.

Dengan bermodalkan uang seadanya, Muhammad Hadjid mencoba membuka sebuah usaha foto studio yang berkonsep, bernama Ruang Studio. Foto studio yang seperti ini merupakan inovasi pertama di kota Medan dan hal ini bisa menjadi peluang sekaligus bumerang bagi usahanya.

“Awalnya, aku takut untuk memulai bisnis ini, karena berbeda dari bisnis studio foto lainnya yang ada di Medan. Bedanya, aku buka usaha ini di dalam komplek terus foto studio yang berkonsep gini belom banyak dikenal masyarakat Medan” ucap Muhammad Hadjid.

Ketakutan-ketakutan seperti ini tak pernah lepas dari pikiran pebisnis muda berusia 27 tahun ini, namun hal tersebut tak menghentikan langkahnya untuk tetap melanjutkan usaha Ruang Studio.

Pada awal Ruang Studio berdiri, tak banyak pengunjung yang datang untuk menggunakan usahanya, dikarenakan Virus Covid-19 masuk ke Indonesia. Sehingga, banyak orang lebih memilih untuk berdiam di rumah dan mengurangi interaksi yang dapat meningkatkan penyebaran virus Covid-19.

Fenomena tersebut akhirnya membuat Muhammad Hadjid mencari solusi untuk menaikkan nama usahanya, dengan mencoba teknik marketing yang mengikuti perkembangan industri 4.0.

Ia menganalisis bagaimana perkembangan minat masyarakat ditengah pandemi Covid-19, dan menemukan jawaban bahwasanya masyarakat semakin tertarik dengan adanya media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Akhirnya Muhammad Hadjid mencoba mempromosikan usahanya melalui fitur-fitur yang ada di instagram salah satunya Instagram Ads dan meminta teman-temannya untuk mempromosikan Ruang Studio miliknya di media sosial milik mereka.

Seiring berjalannya waktu, Ruang Studio semakin dikenal masyarakat luas dan terus mengalami perkembangan hingga mampu mempekerjakan beberapa orang.

Proses panjang yang telah ia lalui akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan di penghujung tahun 2020. Muhammad Hadjid, pemilik dari Ruang Studio berhasil mendapatkan omzet sebesar 1 Milyar.

Tak berhenti sampai situ, ia tetap berdedikasi di dunia fotografi dan kini mulai mengembangkan usahanya dibidang lain.(WinWin Publisher)

Muhammad Hadjid
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *