Waspada
Waspada » Roslaini Ingin Ikut MTQ Hingga Tingkat Nasional
Medan

Roslaini Ingin Ikut MTQ Hingga Tingkat Nasional

ROSLAINI, peserta Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) ke -54 Kota Medan Cabang Lomba Cacat Netra (Canet). Roslaini ingin ikut MTQ hingga tingkat nasional. Waspada/Anum Saskia
ROSLAINI, peserta Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) ke -54 Kota Medan Cabang Lomba Cacat Netra (Canet). Roslaini ingin ikut MTQ hingga tingkat nasional. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Peserta Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) ke -54 Kota Medan Cabang Lomba Cacat Netra (Canet) yang berlomba, Jumat(19/3) di Asrama Haji Medan nampak sangat antusias.

Hal itu terlihat dari kehadiran peserta yang sudah tiba pukul 07 WIB di lokasi lomba.  Padahal, lomba baru dimulai pukul 08 WIB.

Seorang peserta lomba, atas nama Roslaini,40, termasuk yang hadir pada pukul 07 WIB.

Pengakuan Roslaini, antusiasnya dalam menghadiri lomba ini, bukan saja semangat yang dia miliki, sekaligus ingin menjadi Qoriah terbaik dan bisa ikut lomba hingga tingkat nasional.

“Alhamdulillah, saat tampil bisa membaca tepat waktu. Selain itu, bacaan sangat lancar. Saya membaca Surah Al Imran, ayat  102-108 dengan waktu hingga 10 menit,” ucapnya.

Perempuan berdomisili di Jl. Jawa Gg Pribadi Medan Helvetia ini mengakui jika dalam persiapan lomba sangat optimal. Padahal, masa Pandemi Covid-19 ini, kunjungan ke lembaga pelatihan yang dia ikuti di Bapak-Sika Jl.M.Yakub  Medan, tidak bisa dilakukan sesering mungkin karena adanya pembatasan kegiatan.

“Karena Pandemi Covid-19, masa berlatih kami sangat dibatasi.Maka, dalam rangka mempersiapkan diri agar tampil prima saat MTQ, saya berlatih sendiri di rumah,”katanya.

Saat ditanya, dimana belajar Alquran dengan huruf braille. Perempuan yang mengaku bisa membuat aneka keterampilan seperti menganyam tikar dan membuat keset kaki asal Sigli-Aceh ini, menyebutkan,  kemampuan membaca Alquran dengan huruf braille saat tinggal di Asrama Tuna Netra Sigli selama 7 tahun.

“Sejak belajar sampai sekarang saya sudah hafal 5 Juz Alquran. Inginnya bertambah terus dan selesai di 30 Juz. Itu adalah impian terbesar saya, selain ingin jadi juara hingga kancah nasional,”paparnya bersama pendamping Nazariah.

Saat ditanya bagaimana cara menghafal ayat Alquran hingga 5 Juz, Roslaini menyebutkan hafalan itu diawali dari membaca.

Setelahnya diulang hingga hafal ayat per ayat. “Kalau ayatnya panjang dalam sehari hanya satu ayat. Esoknya diulang lagi agar tidak lupa dan menambah ayat berikutnya. Rasanya terlambat sudah 40 tahun baru 5 Juz, tapi semua perlu proses dan kemauan agar hafalan bertambah,” pungkasnya. (m22).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2