Ribuan Warga India Tamil Meriahkan Thaipusam  

  • Bagikan
PLT Wali Kota Medan Akhyar Nasution ketika menghadiri perayaan Thaipusam. Ribuan Warga India Tamil meriahkan Thaipusam di Sree Soepramaniem Nagarattar Kuil Medan Jl Kejaksanaan, Sabtu (8/2) malam. Waspada/ME Ginting
PLT Wali Kota Medan Akhyar Nasution ketika menghadiri perayaan Thaipusam. Ribuan Warga India Tamil meriahkan Thaipusam di Sree Soepramaniem Nagarattar Kuil Medan Jl Kejaksanaan, Sabtu (8/2) malam. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada):  Ribuan warga India Tamil meriahkan perayaan Thaipusam di Sree Soepramaniem Nagarattar Kuil Medan, Jl Kejaksanaan, Sabtu (8/2) malam.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang hadir dalam perayaan tersebut disambut gembira oleh ribuan warga India Tamil yang meriahkan Thaipusam itu.

Acara ditandai dengan penyelempangan kain khas India oleh Ketua PHDI Medan Surya.  Perayaan Thaipusam ini ditandai dengan pelepasan kereta kencana yang membawa patung Dewa Murugan.

Sebelum Plt Wali Kota melepaskan kereta kencana tersebut, terlebih dahulu memecahkan satu buah kelapa didampingi Konsul Amerika untuk Sumatera Mr Guy Margalith.

Wakil Konsul India untuk Sumatera Mr Gaurav Nagar, Pembimas Hindu Sumut, Antoni Kuil Sembiring.

Ketua PGI Sumut Pdt Eden Siagian, Wakil Ketua PHDI Sumut S Alexander, Ketua PHDI Medan Surya.

Kadis Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi dan Kabag Agama Setda Kota Medan, Adlan.

Selain itu perayaan juga dimeriahkan dengan acara tarian yang diiringi irama musik yang dikumandangkan khas dari kebudayaan India.

Acara perayaan semakin menarik tatkala saat Kereta Kencana diarak.

Sebelum kereta kencana ditarik, terlihat beberapa pemuda memecahkan buah kelapa muda tepat di depan kereta.

Masyarakat menari, bergoyang sembari jalan sesuai irama musik yang berkumandang.

Saling Berdampingan

Selain warga suku India Tamil, masyarakat dengan suku dan agama berbeda yang ada di Kota Medan tertarik untuk ikut serta menyaksikan perayaan tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa Kota Medan yang terkenal majemuk dengan beragam etnis dan budaya dapat hidup saling berdampingan dan semakin menambah “kaya” keberagaman yang dimiliki Kota Medan.

Didampingi Kadis Kebudayaan Kota Medan Ok Zulfi, Plt Wali Kota mengatakan ada banyak sekali kegiatan keagamaan yang menarik untuk disaksikan bahkan oleh penganut agama lain.

Salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan perayaan Thaipusam. Meskipun secara kuantitas umat Hindu yang benar-benar merayakan Thaipusam di Kota Medan tidak terlalu banyak.

Namun gaung acara ini cukup kuat menggema dan mampu menyita perhatian masyarakat di kota ini selama bertahun-tahun.

“Hal ini secara tidak langsung menjadi bukti bahwa Kota Medan merupakan kota berbilang kaum yang multikultural dan saling memiliki rasa toleransi yang tinggi antar sesama warga masyarakatnya.

Ini juga menjadi bukti bahwa kota medan memang aman dan nyaman untuk kita sebut sebagai rumah kita bersama,” kata Akhyar.

Sebelumnya, Ketua PHDI Kota Medan Surya mengatakan bahwa  perayaan Thaipusam atau Thaipoosam adalah sebuah festival agama hindu yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama bulan Thai dalam kalender Tamil.

Kata “Thaipusam” merupakan kombinasi nama bulan. “Thai” dengan bintang “Pusam”.

Festival ini merayakan momen ketika Parvati memberikan “tombak” Vel kepada Murugan agar Murugan dapat mengalahkan setan Soorapadman dan meredakan kekacauan yang ada. (m50)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.