Restoran Diminta Sediakan HEPA Filter Dan Perketat Prokes

Restoran Diminta Sediakan HEPA Filter Dan Perketat Prokes

  • Bagikan
KETUA Fraksi NasDem DPRD Kota Medan, Afif Abdillah. Restorant diminta sediakan hepa filter dan perketat Prokes. Waspada/Ist
KETUA Fraksi NasDem DPRD Kota Medan, Afif Abdillah. Restorant diminta sediakan hepa filter dan perketat Prokes. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Pemilik restoran besar diminta untuk menyediakan penyaring udara (High Efficiency Particulate Air – HEPA) Filter yang disesuaikannya dengan area pelayanan serta memperketat Protokol Kesehatan (Prokes).

Hal ini sebagai antisipasi kerumunan bagi pengunjung restauran khususnya sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang mengatur jam operasional usaha.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Medan, Afif Abdillah (foto) mengatakan, harusnya di tahun ini penyediaan HEPA Filter sudah bisa mulai diterapkan, karena HEPA Filter adalah salah satu solusi yang bisa digunakan.

“Dan ini juga hasil rapat kita di pansus covid 19 tahun lalu bersama IDI Medan, bahwa HEPA Filter memiliki peran yang lumayan penting untuk menyaring udara di dalam ruangan,” ujarnya, Kamis (29/7).

Dikatakan Anggota Komisi II ini, selain HEPA Filter, pihak restoran juga diminta perketat Prokes, yakni menjaga jarak karena saat makan, masker pasti lepas dan dikhawatirkan penyebaran virus lebih beresiko.

“Maka dari itu pengawasan dari pemerintah harus benar-benar di jalankan mengenai jarak. Begitu juga dengan sirkulasi udara, khusus yg dalam ruang seluruh jendela sebaiknya di buka agar sirkulasinya baik,” katanya.

Penting

Ditegaskan Afif, perketat Prokes sangat penting untuk keamanan dan kesehatan. Apalagi kondisi sekarang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di Kota Medan sudah kembali naik.

“Edukasi, pengawasan, dan ketegasan pemerintah sangat penting dalam berjalannya PPKM agar bisa mengontrol laju penyebaran covid 19 ini terutama varian delta,” tuturnya. (h01)

  • Bagikan