Waspada
Waspada » Rektor UIN Sumut: Pusat Karir PT Harus Jawab Tantangan Disrupsi Lapangan Kerja
Medan

Rektor UIN Sumut: Pusat Karir PT Harus Jawab Tantangan Disrupsi Lapangan Kerja

https://waspada.id/medan/bakar-rumah-sendiri-pria-stres-diamuk-massa/
https://waspada.id/medan/bakar-rumah-sendiri-pria-stres-diamuk-massa/

MEDAN (Waspada): Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof Dr Syahrin Harahap, menegaskan pusat karir dan informasi bursa kerja di perguruan tinggi (PT), harus bisa menjawab tantangan disrupsi lapangan kerja saat ini.

“Akibat Covid-19 dan disrupsi teknologi, dunia saat ini kehilangan 4.000 jenis pekerjaan. Tapi di sisi lain, muncul pula jenis pekerjaan baru sebanyak 25.000 macam. Ini harus dijawab oleh pusat karir dan informasi bursa kerja yang dimiliki perguruan tinggi,” kata Syahrin dalam peluncuran FEBI Career Centre, Kamis (29/4), di Karibia Hotel, Medan.

Dia menyebutkan, masalah klasik yang terjadi adalah aktualitas. Ilmu tidak bisa diaktualisasikan, mahasiswa bingung setelah tamat. FEBI Career Center harus bisa memulai meretas itu.

“Saya kira itu salah satu tugasnya. Selain juga membangun atmosfer alumni yang berdaya saing. Ke depan saya juga mendorong FEBI membangun pembelajaran digitalpreneur. Saya tunggu itu Pak Dekan,” ujarnya.

SDM Unggul

Dalam kesempatan itu, Pembina Career Center, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSU, Dr Muhammad Yafiz, mengatakan FEBIi Career Center, bervisi sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul bagi mahasiswa dan alumni FEBI UIN Sumut Medan di bidang Ekonomi dan Bisnis Islam.

“Pengurus FEBi Career Center yang kami bentuk punya target itu. Dimulai dengan tracer study, persiapan karir, bursa kerja hingga expo,” katanya didampingi Kepala Laboratorium FEBI UINSU, Dr Kamilah, M.Si.

Ketua FEBI Career Center, Budi Darma, menambahkan, pengembangan jejaring alumni dengan tracer study terhadap Alumni FEBI UIN Sumut dan menjadi inputan bagi FEBI merespon kebutuhan pasar terhadap SDM

Kemudian, mereka juga akan memfasilitasi kebutuhan pengembangan karir mahasiswa dan alumni FEBI UIN Sumut Medan dengan mengimplementasikan daya literasi data, informasi digital, keuangan dan teknologi.

“Menghasilkan sumberdaya manusia yang dapat mengintegrasikan ilmu (Wahdatul ‘ulum) kedalam kompetensi untuk meningkatkan keunggulan,” pungkasnya.(m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2