Waspada
Waspada » Ramadhan Di Panti Asuhan Bumi Nusantara
Medan

Ramadhan Di Panti Asuhan Bumi Nusantara

PENGURUS dan anak-anak Panti Asuhan Bumi Nusantara diabadikan sebelum buka puasa bersama, Minggu (9/5). Waspada/Andy Aditya
PENGURUS dan anak-anak Panti Asuhan Bumi Nusantara diabadikan sebelum buka puasa bersama, Minggu (9/5). Waspada/Andy Aditya

MEDAN (Waspada): Panti Asuhan Bumi Nusantara yang terletak di Jl. Perjuangan, Kompleks Griya Setia Budi Blok A No.4, Kel. Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal ini berdiri sejak 2019.

Sepanjang Ramadhan 1442 H, kegiatan di panti asuhan tersebut beragam, mulai dari shalat tarawih berjamaah, tadarus Alquran, buka puasa bersama hingga berlatih ketrampilan seperti menjahit.

‘’Selama Ramadhan ini, selain rutinitas seperti shalat tarawih berjamaah dan tadarusan, anak-anak dilatih ketrampilan seperti menjahit dan menanam bunga di polybag,’’ ujar Zainuddin, SPdi, pimpinanan Panti Asuhan Yayasan Bumi Nusantara Medan kepada Waspada, Minggu (9/5).

Zainuddin mengatakan pelatihan ketrampilan menjahit dan menanam bunga di polybag tersebut dilatih oleh para mahasiswa yang datang ke panti. ‘’Anak-anak mahasiswa dari berbagai kampus datang ke panti untuk melatih dan membimbing anak-anak disini selama Ramadhan,’’ cetusnya.

Zainuddin juga menyebutkan selain kegiatan tersebut, sepanjang Ramadhan tahun ini, selain sekolah formal ada kegiatan informal seperti tahfidz Alquran dan belajar mengaji.

‘’Selama pandemi Covid-19 hingga saat ini, anak-anak tetap tinggal di rumah dan belajar dari rumah melalui online,’’ cetus Zainuddin seraya menyebutkan pada pertengahan Ramadhan tahun ini, anak-anak sekali keluar panti yakni memenuhi undangan acara di Rumah Dinas Gubernur Sumut.

Puluhan Anak Yatim

Seperti diketahui, Panti Asuhan Bumi Nusantara yang berdiri 2019 ini awalnya hanya dihuni 2 orang anak yatim piatu. ‘’Awal berdiri, panti asuhan ini hanya mengasuh 2 orang anak yatim dan duafa untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan pendidikan,’’ jelasnya.

Seiring perkembangan, kini Panti Asuhan Bumi Nusantara telah mengasuh puluhan anak yatim.

‘’Saat ini jumlah anak yang diasuh sebanyak 30 orang, 22 perempuan dan 8 laki-laki dari usia 4 sampai 19 tahun,’’ tuturnya.

Zainuddin berharap dan panti asuhan membuka pintu selebar-lebarnya bagi dermawan yang ingin membantu mengembangkan panti asuhan ini. ‘’Kita terbuka menerima bantuan dari luar untuk memajukan panti asuhan ini,’’ tandasnya.(m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2