Putri Sulung Kepala Perwakilan Waspada Cumlaude Wisuda Daring USU - Waspada
banner 325x300

Putri Sulung Kepala Perwakilan Waspada Cumlaude Wisuda Daring USU

  • Bagikan

BANDA ACEH (Waspada): Irbah Rea Alvieda NL, putri sulung Kepala Perwakilan Waspada di Aceh, Aldin Nainggolan, lulus sarjana kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Sumateta Utara (USU) Medan dengan predikat cumlaude.

Mahasiswi kedokteran USU ini dikukuhkan Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, bersama 981 Wisudawan dalam Wisuda Daring Periode III 2019/2020, Senin (20/7/2020).

Alumni SMA Fajar Harapan Banda Aceh ini, tergolong tipe remaja suka belajar keras untuk mengejar cita-citanya. Saat ujian untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Kak Rea, panggilan akrab Irbah Rea Alvieda NL, juga diterima di Universitas Indonesia (UI).

Namun, setelah diskusi dengan keluarga, Kak Rea akhirnya menjatuhkan pilihan kuliah di Fakultas Kedokteran USU.
Sulung dari tiga bersaudara (Tsara Swissi dan Azzah Shafa) beberapa kali menjadi wakil mahasiswa USU untuk mengikuti ajang kompetisi internasional di luar negeri.

Kini, dia lagi disibukkan dengan program Koas. Bulan pertama berjalan lancar, tapi bulan berikutnya koasnya lewat daring lantaran pandemi COVID-19 melanda tanah air, khususnya di Sumatera Utara.

Sejarah Wisuda daring ini bagi USU adalah sejarah yang ditayangkan secara live di channel youtube usuofficial.

Prosesi seperti wisuda biasa, masih belum memungkinkan digelar lantaran Sumatera Utara, khususnya Medan, masuk wilayah pandemik COVID-19.
“Situasi pandemi COVID-19 yang belum juga mereda memaksa kita harus berlapang dada menerima kenyataan, bahwa penyelenggaraan wisuda kali ini harus digelar dengan sistem yang berbeda dari yang biasa kita lakukan.

Yaitu melalui sistem daring atau online,” kata Rektor mengawali pidato pembukaan.
Terkait COVID-19, juga disinggung oleh Rektor Runtung Sitepu. Kata dia, USU juga terus bergerak dan berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 dengan melakukan beberapa hal yang menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Di antaranya memberikan bantuan sembako kepada keluarga besar USU dan masyarakat yang membutuhkan, serta bantuan dana pembelajaran daring bagi para mahasiswa.

Universitas Sumatera Utara melalui Rumah Sakit USU juga melakukan berbagai upaya maksimal di tengah pandemi, yakni dengan memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien COVID-19, lanjut rektor.

“Rumah Sakit USU saat ini telah memiliki laboratorium Swab yang dilengkapi dengan 4 unit PCR untuk melakukan tes Swab bagi pasien COVID-19 dan memiliki ruang isolasi khusus bagi pasien positif Corona,” kata Runtung Sitepu.

Pada tanggal 8 – 12 Juni 2020 lalu, Rumah Sakit USU juga telah berkontribusi aktif terhadap penanganan dan antisipasi pandemi dengan menggelar rapid test massal gratis.
Hingga saat ini, Rumah Sakit USU terus melakukan upaya-upaya penanganan COVID-19 bekerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya. (b02)

teks
1. Irbah Rea Alvieda NL, putri sulung Kepala Perwakilan Waspada di Aceh, Aldin Nainggolan, lulus sarjana kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Sumateta Utara (USU) Medan dengan predikat cumlaude. (Foto/Ist)


2. Irbah Rea Alvieda NL, putri sulung Kepala Perwakilan Waspada di Aceh, Aldin Nainggolan. (Foto/Ist)

  • Bagikan