Pusat Bahasa USU-Cabdisdik Sunggal Jalin Kerjasama

Pusat Bahasa USU-Cabdisdik Sunggal Jalin Kerjasama

  • Bagikan
KEPALA Pusat Bahasa USU, Dra Roma Ayuni Aminoeddin Loebis, MA dan Kacabdisdik Sunggal, Junanda, SPd, M.Ed foto bersama dengan koordinator devisi dan kepala sub rayon jenjang SMA dan SMK usai audensi. Waspada/M Ferdinan Sembiring
KEPALA Pusat Bahasa USU, Dra Roma Ayuni Aminoeddin Loebis, MA dan Kacabdisdik Sunggal, Junanda, SPd, M.Ed foto bersama dengan koordinator devisi dan kepala sub rayon jenjang SMA dan SMK usai audensi. Waspada/M Ferdinan Sembiring

MEDAN (Waspada): Pusat Bahasa Universitas Sumatera Utara (USU) mendorong kemampuan berbahasa asing para siswa SMA dan SMK di Sumatera Utara.Disamping itu, Pusat Bahasa USU juga menjajaki kerjasama dengan sekolah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guru dalam hal literasi. Tak kalah penting memicu guru dan siswa melestarikan bahasa etnik dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Ketiga komponen ini harus terus ditingkatkan.

Demikian dikemukakan Kepala Pusat Bahasa USU, Dra Roma Ayuni Aminoeddin Loebis, MA setelah menerima audensi Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Sunggal, Junanda, SPd, M.Ed bersama rombongan, Rabu (17/11).

Hadir dalam acara itu, Koordinator Divisi Kursus dan Pelatihan, Drs. Yulianus Harefa, GradDipEd TESOL, M.Ed, TESOL dan Koordinator Divisi Administrasi dan Keuangan, Andri Nasution, ST, MT, serta ketua Sub-Rayon setingkat SMA dan SMK.

Dra Roma mengatakan, di era revolusi industri 4.0, penguasaan bahasa asing, salah satunya, bahasa Inggris secara baik dan benar adalah keharusan bagi siswa.

“Oleh karenanya kerjasama ini dapat menjadi wadah bagi sekolah untuk meningkatkan kompetensi berbahasa asing siswa,” ujarnya.

Kemampuan dan penguasaan bahasa asing menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih, kemampuan bahasa Inggris merupakan salah satu syarat utama dalam DUDI ( Dunia Usaha Dunia Indudtri).”Pusat Bahasa USU mengukuhkan misinya untuk membuat guru dan siswa Sumut menjadi lebih kompetitif melalui penguasaan bahasa asing dan pelestarian bahasa etnik,” sebutnya.

Menurut Roma dengan kemampuan berbahasa asing, seperti Inggris yang baik, tentu akan meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk go internasional.”Generasi muda Sumut harus mampu menyesuaikan diri dalam menghadapi tuntutan global yang terus berubah. Pusat Bahasa USU siap membantu siswa di Sumut,” katanya.

Dia mencontoh, banyak siswa sangat hafal istilah-istilah bahasa Inggris, tetapi tidak dapat menyebutkan benda-benda yang biasa mereka pakai sehari-hari dalam bahasa Inggris, dan juga mereka malu menggunakan bahasa Inggris karena takut ditertawakan.

Dra Roma berharap, setelah pertemuan ini kualitas dan semangat para guru dalam hal literasi sangat besar.”Semoga ini menjadi langkah awal yang baik bagi peningkatan kualitas generasi muda Sumatera Utara,” harapnya.

Program Peningkatan Kompetensi

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal, Junanda, SPd, M.Ed mengatakan, agenda audiensi ini adalah terkait program peningkatan kompetensi berbahasa dan literasi siswa maupun guru.

Dia mengatakan, pada pertemuan itu, perwakilan dari ketua Sub-Rayon jenjang SMA dan SMK menyampaikan hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa dan literasi di satuan pendidikan masing-masing.“ Mereka menyadari bahwa kemampuan berbahasa merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik jika ingin bekerja nantinya. Terutama bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri seperti Jepang dan China. Tentu akan memerlukan kemampuan berbahasa asing yang baik agar dapat diterima oleh perusahaan di luar negeri,” kata Junanda.

Ia juga menyambut baik seluruh program Pusat Bahasa USU yang disampaikan Kepala Pusat Bahasa USU, Dra. Roma Ayuni A. Loebis, M.A. Di mana Pusat Bahasa USU memiliki program-program yang bisa menjawab kebutuhan dari sekolah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, baik bahasa Indonesia, maupun bahasa asing bagi warga di satuan pendidikan masing-masing.

“Audiensi ini, diharapkan akan menuju pada terjalinnya kerjasama antara SMA dan SMK di Cabdis Sunggal dengan Pusat Bahasa USU dalam bentuk program peningkatan kompetensi berbahasa dan literasi bagi keluarga sekolah,” demikian Junanda. (m19)

        

  • Bagikan