Waspada
Waspada » Gaji Dibayar Cicil, Puluhan Karyawan PT Karya Deli Steelindo Mogok Kerja
Medan

Gaji Dibayar Cicil, Puluhan Karyawan PT Karya Deli Steelindo Mogok Kerja

PULUHAN karyawan PT Karya Deli Steelindo di Jl. Pulau Tanah Masa KIM II yang tergabung di dalam Komisariat Serikat Buruh Nasional Indonesia (Depekom SBNI) berdiri-diri di depan tempat mereka bekerja saat menggelar aksi mogok kerja, Rabu (23/9) sekitar 08.00 WIB.Waspada/Andi Aria Tirtayasa
PULUHAN karyawan PT Karya Deli Steelindo di Jl. Pulau Tanah Masa KIM II yang tergabung di dalam Komisariat Serikat Buruh Nasional Indonesia (Depekom SBNI) berdiri-diri di depan tempat mereka bekerja saat menggelar aksi mogok kerja, Rabu (23/9) sekitar 08.00 WIB.Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Karena gaji dibayar secara cicil, puluhan karyawan PT Karya Deli Steelindo menggelar aksi mogok kerja, Rabu (23/9) sekitar 08.00 WIB.

Puluhan karyawan PT Karya Deli Steelindo yang tergabung dalam Komisariat Serikat Buruh Nasional Indonesia (Depekom SBNI) mogok kerja, dengan membentangkan sejumlah spanduk tuntutan dan orasi.

Aksi mogok kerja yang digelar karyawan perusahanan yang bergerak di bidang pengelolaan besi ini, lantaran pihak perusahaan tidak membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan dan membayar gaji karyawan secara cicil.

Selain menggelar orasi, karyawan juga membentangkan sejumlah spanduk tuntutan.

Ketua aksi kerja Andre mengatakan, pihaknya menggelar aksi demo mogok kerja disebabkan perusahaan tidak membayarkan BPJS dan membayar gaji secara mencicil.

“Sudah hampir 10 bulan iuran BPJS tak disetor, padahal gaji kami tiap bulan dipotong untuk bayar BPJS. Gimana kalau kami sakit masak harus bayar sendiri, belum lagi gaji yang kami terima harus dicicil bayarnya tiap bulan,”ucapnya.

Lanjut Andre, karyawan merasa dirugikan dengan managemen yang dilakukan oleh perusahaan.

“Permasalahan kami sudah disampaikan kepada Disnaker Kabupaten Deliserdang, dan pernah dimediasi. Namun, nyatanya perusahaan hanya janji – kami saja,”jelasnya.

“Selain itu, perusahaan hingga saat ini tidak menjalankan surat kesepakatan yang telah dibuat bersama yakni melengkapi K3 karyawan,” tambahnya.

Penuhi Tuntutan

Dalam kesempatan ini, Andre berharap pihak perusahaan segera memenuhi tuntutan mereka.

“Perusahaan harus segera merealisasikan tuntutan yang kami ajukan, kalau ini tidak segera dipenuhi kami akan terus melakukan aksi unju rasa dan akan mengerahkan massa yang lebih banyak lagi,” tegasnya.

Sementara itu, pihak perusahaan hingga saat ini belum ada yang dapat dikonfirmasi terkait dengan aksi mogok kerja yang digelar karyawan PT Karya Deli Steelindo.

Di tempat terpisah, puluhan buruh pabrik roti PT Unibis juga melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik tersebut di Jl KL Yos Sudarso Kelurahan Tanjungmulia Kecamatan Medan Deli, Rabu (23/9).

Aksi unjuk rasa yang sudah berkali-kali dilakukan itu tidak pernah membuahkan hasil, apalagi pihak perusahaan pabrik roti tersebut tidak mau mengabulkan tuntutan buruhnya.

Tuntutan buruh tersebut diantaranya meminta pihak perusahaan agar membayar gaji buruh, uang THR dan uang pesangon buruh-buruh yang telah di-PHK secara sepihak. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2