PUD Pembangunan Medan Diminta Berinovasi Di Bidang Usahanya

  • Bagikan
KOMISI III DPRD Medan Erwin Siahaan dalam Rapat Konsultasi R-APBD 2022 bersama para Direksi PUD Pembangunan Kota Medan, Selasa (24/11) sore. Waspada/ist
KOMISI III DPRD Medan Erwin Siahaan dalam Rapat Konsultasi R-APBD 2022 bersama para Direksi PUD Pembangunan Kota Medan, Selasa (24/11) sore. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan diminta untuk segera berinovasi dan melakukan banyak gebrakan bagi bidang-bidang usaha yang berada di bawah naungannya, khususnya Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) dan Kolam Renang Deli. Salah satu gebrakan yang paling diharapkan, yakni mendatangkan investor untuk membangun dan meningkatkan fasilitas-fasilitas di Medan Zoo dan Kolam Renang Deli.

Pasalnya, Medan Zoo dan Kolam Renang Deli dinilai memiliki potensi yang sangat besar dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Medan. Namun hingga saat ini, Medan Zoo dan Kolam Renang Deli belum mampu memberikan PAD bagi Kota Medan.

Di sisi lain, DPRD Medan memahami bahwa PUD Pembangunan membutuhkan investor untuk mengembangkan usaha-usaha yang dikelolanya. Untuk itu, DPRD Medan pun terlah membuat Peraturan Daerah yang merubah status PD (Perusahaan Daerah) menjadi PUD (Perusahaan Umum Daerah) bagi ketiga BUMD milik Pemko Medan tersebut.

“Artinya kalau sudah jadi PUD, maka sudah diperbolehkan untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga atau investor. Kita tahu Medan Zoo dan Kolam Renang Deli itu sulit berkembang kalau tidak ada investor. Makanya saat ini, segera lah cari investor. Bangun Medan Zoo dan Kolam Renang Deli,” ucap Anggota Komisi III DPRD Medan Erwin Siahaan dalam Rapat Konsultasi R-APBD 2022 bersama para Direksi PUD Pembangunan Kota Medan, Selasa (24/11) sore.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Medan M Afri Rizki Lubis dan dihadiri sejumlah Anggota Komisi tersebut, Erwin juga meminta agar PUD Pembangunan dapat lebih berinovasi dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan di Medan Zoo dan Kolam Renang Deli.

“Dan kita juga berharap, pemasukan PUD Pembangunan ini jangan hanya dari tiket masuk, tetapi juga dari yang lainnya. Banyak potensi yang bisa dikembangkan, kita harapkan ada inovasi dari PUD Pembangunan untuk menambah pemasukannya,” ujarnya.
Selain itu, Erwin juga mengingatkan PUD Pembangunan agar memperhatikan kondisi satwa yang ada di Medan Zoo. Baik kesehatannya, pakannya, maupun kondisi kandangnya.

“Kami betul-betul berharap, jangan lagi ada kejadian seperti kemarin yang ada video viral harimau makan rumput di Medan Zoo. Tolong diperhatikan kondisi satwanya,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Dirut PUD Pembangunan Gerald Patogi Siahaan yang data bersama para direksi lainnya mengatakan, saat ini pihaknya di PUD Pembangunan Kota Medan sedang terus berkomunikasi dengan berbagai pihak atau pengusaha untuk menjadi investor di Medan Zoo maupun Kolam Renang Deli.

“Investor sedang terus kita jajaki. Kita sedang terus komunikasikan, kita mau para investor yang bekerjasama dengan kita juga memahami visi dan misi PUD Pembangunan dan sama-sama untuk mengembangkannya, khususnya menghasilkan profit,” jawab Gerald.

Gerald juga mengatakan, saat ini pihaknya terus berusaha untuk menggelar event-event untuk dapat memberikan pemasukan lebih bagi BUMD milik Pemko Medan tersebut.

“Dan saat ini kita juga sedang berfokus untuk merawat satwa-satwa yang ada di Medan Zoo,” pungkasnya. (h01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *