Waspada
Waspada » PT Dituntut Hasilkan Lulusan Siap Pakai Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja
Medan

PT Dituntut Hasilkan Lulusan Siap Pakai Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja

REKTOR USU, Dr Muryanto Amin memimpin prosesi wisuda USU, Senin (22/2) secara daring. ‎PT dituntut hasilkan lulusan siap pakai sesuai kebutuhan dunia kerja. Waspada/ist

‎MEDAN (Waspada): Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin melantik 827 sarjana baru USU, Senin (22/2) secara daring.

“Mengawali kegiatan wisuda, saya menyampaikan salam perkenalan dan hormat kepada seluruh civitas akademika USU di kesempatan yang berbahagia ini saya hadir untuk pertama kalinya sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026,” ungkap Muryanto.

Muryanto mengungkapkan wisuda ini, sebagai momentum yang sangat baik dalam mengawali periode kepemimpinan di USU.”Saya hadir di saat acara yang tentu sangat dinantikan oleh para wisudawan-wisudawati USU, setelah selama bertahun-tahun melakukan proses pembelajaran menyelesaikan studi formalnya,” jelas Muryanto.

Atas nama pimpinan dan seluruh sivitas akademika USU, Muryanto mengucapkan selamat kepada Wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan seluruh proses perkuliahannya dengan baik.

Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat menjadi bekal untuk memperoleh pekerjaan yang baik atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada para orang tua wisudawan USU dan keluarga yang selama ini telah mendukung keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan perkuliahannya.,” jelas Muryanto.

Tantangan Berat

‎Muryanto menjelaskan dunia pendidikan tinggi saat ini dihadapkan kepada tantangan berat sejalan ditandai oleh suasana era Revolusi Industri 4.0. Perguruan tinggi sebagai institusi yang berperan penting dalam menstimulasi manusia-manusia unggul agar mampu bersaing di kancah industri global.

“Dituntut menghasilkan alumni yang siap pakai, tangguh, profesional dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap seluruh dinamika yang berkembang. Hampir semua sektor industri kini sudah didominasi oleh penggunaan teknologi yang mengutamakan manajemen digital, memangkas hambatan ruang dan waktu, termasuk dominasi sumber daya manusia,” sebut Muryanto.

Kondisi demikian, Muryanto mengatakan tentu menjadi titik fokus utama dari upaya yang dilakukan oleh perguruan tinggi dalam menyelaraskan materi pendidikan yang sesuai dengan perkembangan pasar yang sulit diprediksi dan menuntut adaptasi ketersediaan tenaga kerja yang high performance, high skill dan profesional.

“Sejalan dengan visi USU, sebagaimana tertulis dalam Rencana Jangka Panjang (RJP) dan Statuta USU, yakni menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global,” kata Muryanto.

Dengan ini, Muryanto mengungkapkan USU harus mampu bertransformasi dan beradaptasi, khususnya untuk merespons disrupsi dan hiper kompetisi di tengah persaingan Industri 4.0. USU saat ini telah menyiapkan program-program strategis dalam rangka transformasi tersebut.

“Di antaranya, posisi USU yang saat ini memiliki banyak kemajuan dan prestasi, harus diimbangi dengan perbaikan-perbaikan yang sifatnya fundamental maupun teknikal secara berkelanjutan,” tutur Muryanto.(m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2