Waspada
Waspada » PSPII FT USU Kukuhkan Insinyur Angkatan V 2021
Medan

PSPII FT USU Kukuhkan Insinyur Angkatan V 2021

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin saat melakukan pengukuhan insinyur Angkatan V Tahun 2021 secara daring, Kamis (25/2).Hadir petinggi organisasi insinyur dan pimpinan FT USU. Waspada/ist
Rektor USU, Dr. Muryanto Amin saat melakukan pengukuhan insinyur Angkatan V Tahun 2021 secara daring, Kamis (25/2).Hadir petinggi organisasi insinyur dan pimpinan FT USU. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik Universitas Sumatera  (USU) melaksanakan pengukuhan insinyur Angkatan V Tahun 2021 secara daring, Kamis (25/2).

Pengukuhan dilakukan oleh Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si. Hadir, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia, Dr Ir Heru Dewanto, ST, M Sc (Eng), IPU, ASEAN Eng, dekan dan wakil Dekan FT USU.
Kemudian, Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia Ir Faizal Safa, MSc, IPU, ASEAN(Eng), Ketua Badan Pelaksana Program Profesi Insinyur Dr Ir Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU.
Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Medan, Dr Ir M Sabri, MT, IPM, Asean Eng, Ketua Program Studi Program Profesi Insinyur USU Ir Zulkarnain Abdul Muis, M Eng Sc, Sekretaris Program Studi Program Profesi Insinyur USU Prof Dr Ir Renita Manurung, MT.
Rektor  pengukuhan Insinyur Angkatan V Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur USU ini merupakan salah satu jembatan dari misi Prodi Program Profesi Insinyur USU dalam melahirkan insinyur-insinyur andal, yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih terbaiknya bagi pembangunan bangsa dan negara.
Dr Mury berharap, semoga ke depannya para insinyur yang dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab profesinya dengan lebih baik lagi, sesuai dengan berbagai ilmu yang telah didapatkan serta etika profesi yang telah ditetapkan.
“Melalui pengukuhan yang dilakukan pada hari ini, saya kira akan semakin nyata langkah Prodi Pendidikan Profesi Insinyur USU dalam mewujudkan keinginannya untuk menjadi prodi yang unggul dan berdaya saing global dalam kualitas keilmuan dan kemahiran profesi insinyur sebagaimana visinya. Semoga ke depan prodi ini dapat semakin banyak menghasilkan insinyur yang akan membawa kemajuan dalam pembangunan bangsa ke depan, khususnya dalam hal percepatan pembangunan infrastruktur,” katanya.

Perjalanan

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia, Dr Ir Heru Dewanto, ST, M Sc (Eng), IPU, ASEAN Eng Keinsinyuran menyampaikan, pada hakikatnya profesi insinyur adalah sebuah perjalanan yang dimulai dari pendidikan akademik di perguruan tinggi.
Kemudian  dilanjutkan dengan pendidikan profesi dan pengembangan kompetensi profesional untuk insinyur profesional, hingga akhirnya dicapai kesetaraan kompetensi di tingkat global.
“Keinsinyuran, dimulai dari Society 1.0, insinyur di masa lalu, dengan penemuan tombak, busur panah, api, roda telah membawa kita memasuki peradaban tersebut,” katanya.
Dijelaska, teknik atau teknologi bercocok tanam telah membawa kita memasuki era Society 2.0, penemuan mesin uap oleh James Watt pada tahun 1765 yang membawa manusia memasuki era Society 3.0. Penemuan PC oleh Bill Gates dan Paul Allen telah membawa kita memasuki Society 4.0 dan saat ini kita memasuki era Society 5.0.
Seperti juga para insinyur yang membawa kita melalui berbagai peradaban hingga tiba di saat ini, maka insinyur pulalah yang diharapkan akan menyelesaikan masalah-masalah dunia ke depan yang telah dicanangkan pada Sustainable Development Goals 2030.
“Kita para insinyur akan menyelesaikan masalah-masalah dunia seperti energi, lingkungan, kelaparan, perubahan iklim. termasuk masalah yang terjadi saat ini yaitu pandemi covid-19,” katanya.
Dia mengatakan para insinyur adalah bagian dari Engineers of Happy Land yaitu insinyur yang membahagiakan masyarakatnya dan mensejahterakan masyarakatnya (Rudolf Mrazek).
“Kita perlu memaknai bahwa UU Keinsinyuran adalah sebuah panggilan dari negara kepada para insinyur agar secara kolektif memajukan keinsinyuran di Indonesia, hingga mampu menjadi agen kemajuan di Indonesia dan bersaing di panggung global,” ujarnya. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2