Waspada
Waspada » Prof Solly Lubis Genap Berusia 90 Tahun
Medan

Prof Solly Lubis Genap Berusia 90 Tahun

Prof Dr M Solly Lubis SH bersama istri saat kegiatan puncak acara peringatan Ulang Tahun ke-90.
Prof Dr M Solly Lubis SH bersama istri saat kegiatan puncak acara peringatan Ulang Tahun ke-90.

MEDAN (Waspada): Secara daring melalui aplikasi zoom diselenggarakan kegiatan puncak acara peringatan Ulang Tahun ke-90 Prof Dr M Solly Lubis SH yang lahir di Lumut, 11 Februari 1930 lalu, Selasa (14/7).

Turut bergabung dalam kegiatan tersebut Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia 2001-2008 Prof Dr Bagir Manan SH MCL, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Prof Dr Mahfud MD SH SU MI, Ketua Muda Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof Dr Supandi SH MHum, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Syafruddin Nasution SH MSi serta para akademisi dan praktisi hukum dari berbagai kampus yang berada di daerah se-Indonesia.

Kegiatan dipandu oleh Cynthia Hadita SH mahasiwa Program Studi Magister Ilmu Hukum USU.

Acara diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ustadz H Mad Kasad Lubis SPdI MPdI, dan Pembacaan Do’a oleh Drs Nazaruddin SH MA (Dosen Fakultas Hukum USU).

Ketua Panitia, Dr Faisal Akbar Nasution SH MHum menyampaikan bahwa kegiatan ini sebenarnya akan dilaksanakan secara langsung, namun karena situasi pandemi Covid-19 serta masukan dari berbagai pihak, maka dilaksanakan secara daring.

Selain Orasi Ilmiah oleh Menkopolhukam RI, kegiatan ini juga akan dirangkai dengan Peresmian Perpustakaan Prof Dr M Solly Lubis SH dan Galeri Ketatanegaraan Indonesia, serta launching buku “Paradigma Hukum Ketatanegaraan Indonesia” dan buku Prof Dr M Solly Lubis SH “Sang Pelopor Konsep Dasar Sistem Kehidupan Nasional” serta buku “Opini Kebijakan Publik” sebagai hadiah ulang tahun kepada Prof Dr M Solly Lubis SH dan keluarga.

Ketua Panitia juga menyampaikan terima kasih kepada para kontributor tulisan, para donatur dan seluruh panitia, serta berharap semoga acara dapat berjalan dengan khidmat,”katanya.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Budiman Ginting, SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Prof Dr M Solly Lubis SH, semoga senantiasa dilimpahkan kesehatan, sehingga bisa terus memberikan masukan dalam pengembangan pendidikan tinggi hukum di Indonesia, serta semoga kami murid-murid nya dapat mengikuti jejak pengabdian kepada negara,”pungkasnya.

Ketua Muda Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof Dr Subandi SH MHum mengungkapkan bahwa Prof Dr M Solly Lubis SH adalah dosen saya pada saat menempuh pendidikan S1, S2, dan S3, serta merupakan sosok yang sangat berperan dalam membentuk cara berfikir tentang hukum sehingga bisa menjadi seperti saat sekarang ini.

Lebih lanjut beliau mengucapkan selamat ulang tahun kepada Profesor, mudah-mudahan tetap sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Kami murid-murid Profesor sangat bersyukur atas didikan yang diberikan selama ini,”ungkapnya.

Prof Dr Bagir Makan SH Mel juga mengatakan sudah mengenal Prof Dr M Solly Lubis sejak 50 tahun yang lalu, bahkan beliau adalah penguji disertasi saya 30 tahun yang lalu.

Beliau bukan hanya ilmuwan hukum, tapi seorang pengamat, politisi, bahkan seorang yang mempunyai pembawaan keulamaan, atau lebih tepatnya beliau adalah seorang cendikiawan.

Selamat ulang tahun Prof Solly, semoga senantiasa dalam naungan Rahmat dan Berkah Allah SWT,” tuturnya.

Prof Dr Mahfud MD SH SU MIP dalam orasi ilmiahnya yang mengusung tema “Demokrasi dan Hukum Pasca Reformasi 1998” mengungkapkan bahwa hukum yang baik itu lahir dari demokrasi yang sehat, hukum yang baik itu akan selalu muncul pada awal-awal kelahiran sebuah orderkan.

Namun lama kelamaan akan memburuk, oleh karena itu perlu kesadaran segenap komponen bangsa dan negara untuk terus memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan sehat.

Pada akhir orasi, beliau juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-90 kepada Prof Dr M Solly Lubis SH dan menandatangani Prasasti Peresmian Perpustakaan Prof Dr M Solly Lubis SH dan Galeri Ketatanegaraan Indonesia.

Disela-sela acara juga ada dibacakan puisi “ Untuk Sang Guru” oleh M Husnu Abadi PhD (Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau), dan puisi “Balada Guru Sejati” Karya Basyral Hamidi Harahap yang merupakan sahabat Prof Dr M Solly Lubis SH oleh Surya Ananda, SH mahasiwa Program Studi Magister Ilmu Hukum USU.

Acara diakhiri dengan penyerahan buku “Paradigma Hukum Ketatanegaraan Indonesia” dan buku Prof Dr M Solly Lubis SH “Sang Pelopor Konsep Dasar Sistem Kehidupan Nasional” kepada Prof Dr M Solly Lubis SH dan penyerahan buku “Opini Kebijakan Publik” kepada Panitia. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2