Pramuka USU Gelar Pelatihan Penulisan Berita

Pramuka USU Gelar Pelatihan Penulisan Berita

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Pramuka Universitas Sumatera Utara melalui Reka Jurnalistik, Humas dan Protokoler (JunhasPro), menggelar sesi pelatihan penulisan berita dalam rangka Larut (Latihan Rutin) anggota Pramuka USU.

Pelatihan ditekankan kepada pemahaman masing-masing tentang teknik penulisan straight news dan penulisan depth news. Kegiatan digelar di Markas 7 Café, Jl Sei Petani Medan, Sabtu (02/10/2021).

Pemateri teknik penulisan berita Renny Julia Harahap menyampaikan, menulis berita merupakan bagian penyampaian informasi secara aktual dan terkini.

“Sebenarnya, tanpa kita sadari kita telah biasa menulis bentuk berita berupa caption media sosial sehari-hari,” imbuh Renny, yang juga penulis dan staf Humas USU.

“Menulis straight news juga harus mengacu pada rumus 5W+1H, dengan menggunakan format segitiga terbalik dan pesan berita disampaikan secara deduktif,” tandasnya.

Ketua Racana Pramuka Putra, Markus Alfredo mengungkapkan, pelatihan ini diikuti oleh 25 orang anggota Pramuka USU dari kelompok penegak dan pandega.

“Diharapkan para anggota Pramuka USU dapat komitmen akan terus aktif dalam kegiatan yang disiapkan oleh Pramuka USU,” ungkapnya.


Kegiatan dihadiri oleh Unsur Gugus Depan Pramuka USU, di antaranya Kak Prawidya Hariani selaku Ketua Gudep Putri 08-138 Medan dan narasumber ahli, Kak Rusli Harahap. (cdk)

Teks foto

Pramuka Gugus Depan Medan 08-137 dan 08-138 Pangkalan Universitas Sumatera Utara melalui Reka Pandega Jurnalistik, Humas, dan Protokoler selenggarakan Pelatihan Penulisan Berita, di Markas 7 Café, Jalan Sei Petani Medan, Sabtu (2/10). Waspada/ist

  • Bagikan