PPKM Level 4, Suasana Malam Seperti Kuburan

PPKM Level 4, Suasana Malam Seperti Kuburan

  • Bagikan
Seorang pekerja Rumah Makan Saleh sedang melayani pembeli nasi bungkus untuk dibawa pulang (take a way). Waspada/Andi Aria Tirtayasa
Seorang pekerja Rumah Makan Saleh sedang melayani pembeli nasi bungkus untuk dibawa pulang (take a way). Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Selama pelaksanaan PPKM Level 4, usaha Rumah Makan Saleh yang dikelola keluarga Hani ,50, di Jl. KL Yos Sudarso Km 15 Simpang Kantor Kelurahan Martubung Kec. Medan Labuhan tidak begitu ramai pembeli. Bahkan, pada malam hari suasananya tak ada pengunjung dan sepi laksana kuburan.

Kepada Waspada, Minggu (1/8), Hani menuturkan, sejak terjadinya pandemi Covid-19, jumlah pengunjung rumah makan yang dikelola sejak tahun 1980 an tak begitu ramai pembeli. Bahkan, selama diberlakukannya PPKM Level 4, pembelinya merosot tajam.

“Lihat sajalah, pembeli yang datang. Sepi dan bisa dihitung,” ujar Hani kepada Waspada, Minggu (1/8).

Dijelaskan Hani, PPKM Level 4 membuat kegiatan masyarakat jadi terbatas namun pemerintah tidak peduli dengan keluhan masyarakat kelas bawah.

“Biasanya siang ramai pembeli datang ke warung ini namun selama PPKM Level 4 menurun drastis. Sepi sekali. Kalau malam sekira pukul 21:00 hingga pukul 22:00suasananya seperti di kuburan. Padahal sebelum ada PPKM, di sini selalu ramai,” keluh Hani.

Hani menambahkan, selain membeli nasi bungkus, para pengunjung yang datang juga hendak minum kopi sembari ngobrol-ngobrol dengan sesama pengunjung lainnya namun sekarang ini tidak ada yang datang minum kopi.

Bahkan, karena pengunjung dibatasi terpaksalah nasi bungkus yang dibeli langsung dibawa pulang (take a way).

Hani mengaku selama PPKM Level 4, rumah makan yang dikelolanya sudah pernah didatangi sekaligus diberi imbauan agar mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Sekarang ini, pengunjung yang datang dibatasi dan menjaga jarak,” tutur Hani.

Hani berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal seperti biasa.

“Informasinya, pelaksanaan PPKM Level 4 akan berakhir besok, Senin (2/8), semoga aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” harap Hani. (m27)

  • Bagikan