Populerkan Indonesia, Arras Adventure Gelar Bukit Lawang Jungle Trail Run 2022

  • Bagikan
PADA 27-28 Mei 2022, Arras Adventure akan menggelar Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) 2022, sebuah event Sport Tourism yang mengkombinasikan kegiatan berwisata dan berolahraga. Waspada/Ist
PADA 27-28 Mei 2022, Arras Adventure akan menggelar Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) 2022, sebuah event Sport Tourism yang mengkombinasikan kegiatan berwisata dan berolahraga. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Perhelatan besar segera digelar Arras Adventure untuk mempopularkan Indonesia kepada dunia melalui pesona alamnya yang dapat dijelajahi melalui berbagai event Sport Tourism. 

Pada 27-28 Mei 2022, Arras Adventure akan menggelar Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) 2022, sebuah event Sport Tourism yang mengkombinasikan kegiatan berwisata dan berolahraga.

Event Sport Tourism saat semakin berkembang pesat, bahkan menjadi salah satu tren dalam penggerak sektor pariwisata di Indonesia, bahkan termasuk tren pariwisata yang memiliki pasar cukup besar. Berkat kekayaan keindahan alam dan beragam budaya, Indonesia dianggap sebagai ikon sport tourism dunia.

“BLJTR 2022 merupakan event Sport Tourism berbasis kearifan lokal, selain untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata, juga mengangkat kearifan budaya lokal yang dapat membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja masyarakat setempat,” ujar Founder Arras Adventure, Julita M Saragih.

Julita menjelaskan, BLJTR 2022 nantinya diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti Trail Run, Traditional Rafting, UMKM Bazaar, dan Orangutan Campaign. Untuk kegiatan terakhir, sebagian hasil penjualan dari tiket BLJTR 2022 akan didonasikan untuk mendukung kegiatan pelestarian orangutan.

 Juga akan ada official merchandise BLJTR 2022 yang sebagian penjualannya juga akan diberikan untuk program pelestarian orangutan di Bukit Lawang.

“Melalui kegiatan ini kita turut berkontribusi melestarikan Orangutan Sumatera dan satwa-satwa endemik lainnya yang berada dikawasan Taman Nasional Gunung Leuser serta dapat membangkitkan kembali ekonomi melalui Sport Tourism,” ungkap Julita. 

Untuk menyukseskan gelaran ini, imbuh Julita, Arras Adventure akan berkolaborasi dengan sejumlah komponen masyarakat, mulai dari Pemprov Sumatra Utara, Pemda, Kepolisian, Kodam I Bukit Barisan, para Kepala Desa, Himpunan Pramuwisata serta warga sekitar Bukit Lawang.

NgabubuRUN, Road to Bukit Lawang Jungle Trail Run 2022

Membuka BLTJR 2022, Arras Adventure akan menggelar NgabubuRUN pada tanggal 17 April 2022 di Lapangan Banteng, Medan.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 16.00 waktu setempat itu akan diisi dengan Bakti Sosial, Pendaftaran Offline BLJTR, Lari Santai, Buka Puasa Bersama, dan Shalat Maghrib Berjamah. 

Pada kegiatan NgabubuRUN ini mengajak seluruh komunitas lari di Medan dan anggota TNI AD khususnya Kodam I Bukit Barisan untuk berlari santai sore hari jelang buka puasa bersama Panglima Kodam I Bukit Barisan sejauh kurang lebih 5 km. 

“Kami mengajak masyarakat bisa hadir dalam acara NgabubuRUN ini sebagai ajang silaturrahim sekaligus sosialisasi event Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) 2022 yang akan kita laksanakan pada 27-28 Mei nanti,” kata Julita.

Perempuan cantik berhijab ini menuturkan, event BLJTR 2022 yang pertama diselenggarakan ini telah dicanangkan sebagai Asia Trail Master Race Candidate, yaitu ajang kompetisi pelari trail dunia dalam seri Asia. Dengan demikian Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) akan menjadi event tahunan dan menjadi salah satu pilihan utama dalam kalender event trail run di Indonesia dan Asia, sehingga BLJTR menjadi ikon Jungle Trail Run di Indonesia.

Julita menambahkan, Bukit Lawang memiliki sejuta keindahan alam yang sepantasnya terekspose dan dikenal masyarakat dunia.

Dengan adanya event BLJTR 2022 ini diharapkan bisa meng-encourage pencinta olah raga lintas alam untuk bisa melihat langsung apa yang menjadi data tarik Bukit Lawang yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser, sehingga akan meningkatkan Pariwisata Langkat dan meningkatkan ekonomi daerah setempat. 

“Kami persilakan komunitas dan pencinta olahraga untuk mengikuti event ini. Kita akan berolahraga sambil menikmati keindahan Bukit lawang, kita bangkitkan kembali ekonomi Indonesia melalui Sport Tourism!” ajak Julita.(cbud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.