Waspada
Waspada » Polsek Patumbak Rapat Bahas Pembentukan Kampung Harapan
Medan

Polsek Patumbak Rapat Bahas Pembentukan Kampung Harapan

RAPAT terpadu Polsek Patumbak, Koramil dan Camat Medan Amplas membentuk Kampung Harapan, Senin (25/1). Waspada/Ist
RAPAT terpadu Polsek Patumbak, Koramil dan Camat Medan Amplas membentuk Kampung Harapan, Senin (25/1). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Polsek Patumbak bersama Koramil dan Camat Medan Amplas melakukan rapat terpadu bahas pembentukan Kampung Harapan, bertempat di kantor camat Medan Amplas, Senin (25/1).

 

Dalam rapat tersebut, disepakati pembentukan Kampung Harapan berada di Jalan Turi Ujung, Kecamatan Medan Amplas. Pihak perusahaan dikawasan itu juga sepakat membantu masyarakat dalam bentuk material pembangunan.

Kapolsek PatumbaknKompol Arfin Fachreza mengatakan, pembentukan Kampung Harapan merupakan program pemerintah untuk mencapai kemandirian desa/kelurahan di lokasi tertentu.

“Tujuannya mencapai kemandirian desa/kelurahan dengan melibatkan peran serta masyarakat, sehingga diharapkan ke depan tidak banyak terlalu bergantung kepada pemerintah,” ujarnya.

Arfin menjelaskan, program dibentuknya Kampung Harapan bukan lantas membuat masyarakat tidak bergantung lagi kepada pemerintah, atau tidak memerlukan polisi lagi dalam penindakan hukum.

“Bukan seperti itu. Intinya diharapkan masyarakat lebih mandiri, semisal bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan penghasilan sendiri,” sebut Arfin.

Dikatakannya, dengan kemandirian warga di desa atau kelurahan secara otomatis tingkat kriminalitas bisa ditekan. Sebab, dengan adanya lapangan pekerjaan baru dan pemuda memiliki penghasilan sendiri, akan mengurungkan niat untuk melakukan perbuatan melanggar hukum.

“Ini yang dibahas tadi. Dalam hal ini pemerintah hanya memberikan stimulus. Kita bersama tiga pilar melakukan rapat terkait persoalan itu,” sebut Arfin.

Warga Jalan Garu VII, Medan Amplas Sugino, 48, menyambut baik dibentuknya Kampung Harapan. Dia menilai, jika benar-benar dijalankan, program ini ke depan dapat menampung pemuda-pemudi yang selama ini tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Semoga secepatnya dibentuk. Saya pikir ini akan membawa pengaruh positif. Jika para pemuda memiliki pekerjaan, tidak akan ada lagi niat untuk melakukan tindakan kriminal,” kata pria berprofesi sopir bus tersebut.(m10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2