Waspada
Waspada » Poldasu Minta Keterangan Rektor USU Soal Proyek Embung Utara
Medan

Poldasu Minta Keterangan Rektor USU Soal Proyek Embung Utara

EMBUNG. Dit Reskrimsus Polda Sumut memanggil Rektor USU Prof Runtung Sitepu terkait proyek pembangunan embung utara di Kwala Bekala Kampus II Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (19/1). Ilustrasi
EMBUNG. Dit Reskrimsus Polda Sumut memanggil Rektor USU Prof Runtung Sitepu terkait proyek pembangunan embung utara di Kwala Bekala Kampus II Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (19/1). Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Dit Reskrimsus Poldasu akan minta keterangan Rektor USU Prof Runtung Sitepu soal proyek pembangunan embung utara di Kwala Bekala Kampus II, Universitas Sumatera Utara, Selasa (19/1).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol. John Nababan dihubungi wartawan menyebutkan, pemanggilan terhadap Rektor USU bukan dalam rangka pemeriksaan, namun klarifikasi.

“Kita undang dan panggil hari ini untuk memberikan klarifikasi,” katanya.

Klarifikasi terhadap Rektor USU terkait dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan embung utara yang tidak sesuai dengan spesifikasi pembangunan.

Pengerjaan proyek pembangunan tersebut menggunakan anggaran (APBD) 2017 di lahan hibah Pemprov Sumut.

Sebelumnya, pada 2010 penyerahan lahan hibah seluas 300 hektare di Kwala Bekala, Padanbulan, Medan itu telah diresmikan Gubernur Sumut, saat itu dijabat Syamsul Arifin.

Namun hingga kini, selain pekerjaan embung diduga tidak sesuai spesifikasi, pembangunan kampus tersebut juga belum tuntas, dan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan di Kampus USU Jalan Dr Masyur, Padang Bulan, Medan

Pemanggilan Runtung Sitepu juga dibenarkan Kasubbid Penerangan Masyarakat Bid Humas Poldasu AKBP MP Nainggolan.

“Benar, hari ini Tipikor Dit Reskrimsus, Poldasu minta keterangan Rektor USU soal proyek embung utara,” sebutnya dikonfirmasi wartawan.

Nainggolan menjelaskan pemanggilan hanya dalam rangka klarifikasi saja, dan yang bersangkutan sudah diminta keterangannya. “Masih untuk pengumpulan bahan keterangan,” ujarnya.

Pembangunan embung atau waduk kecil beserta Kampus II USU di Dusun III Bekala, Desa Simalingkar A, Pancur Batu, Deli Serdang ditandai dengan peletakan batu pertama pada 2017.

Gubernur Sumut ketika itu, T Erry Nuradi dan Rektor USU Runtung Sitepu meletakkan batu pertama itu dan menandatangani prasasti pada Selasa (14/11/2017).

Pembangunan embung itu memiliki nilai pagu sebesar Rp 9.682.673.000,00. (m10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2