Waspada
Waspada » Poldasu Amankan Penyebar Hoax Kasus Corona
Medan

Poldasu Amankan Penyebar Hoax Kasus Corona

TERSANGKA pelaku hoaks lockdown istana diamankan Polda Sumut. Waspada/Ist
TERSANGKA pelaku hoaks lockdown istana diamankan Polda Sumut. Waspada/Ist

MEDAN  (Waspada): Subdit Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Poldasu amankan penyebar berita bohong (hoax), terkait kasus virus corona di lingkungan istana presiden.

Tersangka berinisial HG, warga dari Jalan Kapten Rahmad Budin, Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan, diamankan Minggu (15/3) sore.

Ia diduga telah menyebarkan berita bohong menyebutkan virus mematikan tersebut telah membuat istana melakukan lockdown, dan viral di media sosial.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan dikonfirmasi, Senin (16/3) mengatakan, kasus penyebaran berita bohong  lockdown istana itu masih dalam proses penyelidikan.

Tapi, kata dia, tidak tertutup kemungkinan naik ke tahap penyidikan.

“Memang ada satu orang diamankan, tapi kasusnya masih dalam proses penyelidikan. Tergantung hasil penyelidikan, bisa saja menjadi tersangka,” kata Nainggolan.

Informasi menyebutkan, tersangka menyebarkan postingan tersebut dengan cara membroadcast dan mengirimkan ke grup WhatsApp.

Hoax Istana lockdown itu berisi kabar soal sejumlah menteri dan istri menteri positif terjangkit COVID-19.

Untuk diketahui, menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terkonfirmasi terjangkit virus corona adalah Menhub Budi Karya.

Dalam kabar hoax yang menjerat HG ke hadapan polisi, disebutkan bahwa sejumlah nama, selain Budi Karya, juga terjangkit virus corona.

Dari HG diamankan barang bukti HP Oppo A7 yang digunakannya untuk memposting dan menyebarkan berita bohong  tersebut. Saat ini pelaku masih berada di Mapolda Sumut.(m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2