PLN UID Sumut Berhasil Pulihkan 100% Listrik, Pasca Gangguan Transmisi

  • Bagikan
Petugas PLN UID Sumatera Utara saat memantau pemulihan bertahap melalui Distribution Control Center Sumatera Utara.
Petugas PLN UID Sumatera Utara saat memantau pemulihan bertahap melalui Distribution Control Center Sumatera Utara.

MEDAN (Waspada): PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara berhasil memulihkan kelistrikan di Pasca gangguan yang terjadi pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. Kini 100 persen listrik pelanggan di Sumatera Utara yang sebelumnya terdampak telah menyala kembali.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto menyampaikan, pasca terjadinya gangguan pihaknya langsung gerak cepat melakukan kordinasi dan pemulihan dari sisi pembangkit, jaringan transmisi, hingga jaringan distribusi.

“Setelah terjadi gangguan kami langsung berupaya melakukan penormalan secara bertahap. Kami bersyukur sejak pukul 02.00 dinihari kelistrikan di Sumatera Utara telah menyala kembali 100 persen,” ucap Saleh.

Dirinya menyampaikan, pihaknya terus melakukan evaluasi agar kelistrikan di Sumatera Utara semakin andal.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kami dalam melakukan pemulihan listrik. Kami terus lakukan evaluasi dan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang dan kelistrikan di Sumatera Utara semakin andal,” tambah Saleh.

Sebelumnya, Manager Komunikasi & TJSL PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Surya Sahputra Sitepu menyebutkan, telah terjadi gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.

Surya menjelaskan, padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis dan memerlukan waktu dalam penyalaan kembali, terutama PLTU. Dalam proses pemulihan ini diperlukan manajemen pengaturan beban untuk menjaga kestabilan listrik pada wilayah terdampak.

“PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. PLN telah menerjunkan ratusan petugas yang terus bersiaga di lapangan dan juga di pusat kontrol untuk pemulihan seluruh sistem,” pungkas Surya.

Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi dan layanan PLN dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. (m31)



Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *