Waspada
Waspada » Petugas Rutan Labuhandeli Razia Kamar Hunian
Medan

Petugas Rutan Labuhandeli Razia Kamar Hunian

PETUGAS Rutan Labuhandeli saat merazia kamar-kamar yang dihuni warga binaan, Jumat (19/2). Waspada/Ist
PETUGAS Rutan Labuhandeli saat merazia kamar-kamar yang dihuni warga binaan, Jumat (19/2). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Labuhandeli yang berlokasi di Jl. Titi Pahlawan, Kecamatan Medan Labuhan, razia ke kamar hunian, Jumat (19/2). Langkah ini dimaksudkan untuk meningkatkan deteksi dini dalam mengantisipasi pelanggaran warga binaan permasyarakatan (WBP).

“Dalam kegiatan rutin yang dilakukan, petugas menyita sejumlah barang-barang yang tidak diperkenankan dibawa atau dimilik narapidana atau tahanan. Antara lain 4 unit handpone dan 2 benda keras seperti sendok,” ujar Kepala Rutan Kelas 1 Labuhandeli Nimrot Sihotang, Jumat (19/2).

Menurut Nimrot, kegiatan yang dilakukan petugas untuk menciptakan situasi kondusif di dalan Rutan dan mengurangi tindakan negatif para tahanan dan narapidana.

“Di samping itu menjaga ketertiban dan keamanan supaya tercipta kondusifitas yang baik di Rutan ini,” kata Nimrot.

Gagalkan Peredaran Narkoba

Awal Januari 2021 lalu. petugas Rumah Tahanan Kelas I Labuhan Deli berhasil menggagalkan peredaran narkoba.

Upaya penggagalan narkoba ini bermula dari Petugas Regu Jaga yang melakukan kontrol di toilet Dapur menemukan tamping dapur sedang mengkomsumsi yang diduga narkoba Jenis Sabu, Rabu 6 Januari 2021.

Lebih lanjut, penemuan barang yang diduga narkoba tersebut langsung diserahkan ke pihak yang berwajib. Kepala Rumah Tahanan Kelas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang berkoordinasi penemuan Narkoba tersebut kepada Pihak Kepolisian Sektor Labuhan Deli.

Selanjutnya pihak Polsek membawa barang tersebut untuk dilakukan penyelidikan dan pengembangan, sementara dengan alasan Covid 19 ketiga terduga pelaku di Strafsell.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Utara Sutrisno diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Sumut Pujo Harinto menyaksikan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Acara digelar di Aula Rutan Kelas I Labuhan Deli Kabupaten Deliserdang Provinsi Sumatera Utara, Rabu (17/2).

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Karutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang beserta Jajaran, juga dihadiri para stakeholder terkait seperti, Perwakilan Ombudsman RI, Kapolsek Medan Labuhan, perwakilan Polres Belawan, Koramil Medan Labuhan, Marinir AL, Bea Cukai, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Puskesmas Labuhan Deli, Lembaga Bantuan Hukum dan Lurah Kelurahan Martubung. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2