Permudah Masyarakat, Dinkes Sumut Buka Pelayanan Booster Di Terminal Bus

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Untuk mempermudah Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik, Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) membuka pelayanan Vaksinasi Booster di sejumlah Terminal Bus. Hal ini dikatakan dr.Syarifah Zakia M.Kes selaku Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit Menular (P2P) Dinkes Sumut pada Selasa (19/4).

“Kita buka juga di Terminal Pinang Baris,  Terminal Amplas dan sebelum libur ini juga ada di RSU Haji juga bisa. Stok vaksin booster kita  untuk sementara cukup bahkan di Kabupaten kota masih banyak.  Untuk jenisnya di RSU Haji ada Prifizer, ditempat lain juga ada jenis vaksin AstraZeneca dan Moderna. Jelang mudik Ini banyak kabupaten kota yang melakukan permintaan vaksin ke dinkes Sumut,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyarankan agar pemudik tetap menggunakan masker, Jangan lepas Masker kecuali  pada saat makan dan minum, Gunakan handsanitizer,

Bersih-bersih setelah keluar dari rumah dan tetap jaga jarak Dan lakukan Vaksin Booster.

Terpisah, saat dikonfirmasi ke pihak rumah sakit yang melayani vaksinasi booster, seperti RSU Haji bahwa telah terjadi peningkatan permintaan vaksinasi booster hingga 30 persen dari sebelumnya.

“Terjadi peningkatan sekitar 30% permintaan vaksin booster menjelang lebaran.

InsyaAllah stok vaksin kita mencukupi sampai dengan lebaran ini.

Mayoritas masyarakat yg datang vaksin booster untuk keperluan rencana mudik lebaran.

Stok vaksin yang tersedia saat ini di RS Haji jenis vaksin Pfyzer,” ucap Kabag Umum RSU Haji Medan, drg Anda Siregar M Kes.

Begitu juga yang disampaikan oleh Kasubbag Humas RSUP Adam Malik Medan Rosario Dorothy bahwa setiap harinya ada saja masyarakat yang melakukan vaksinasi booster. 

“Untuk vaksinasi booster, kita tetap melayani di hari kerja, tergantung distribusi vaksin dari Dinkes.

Masyarakat yang datang untuk booster tetap ada setiap harinya, rata-rata 150 orang/hari,” katanya.

Rosario juga menjelaskan saat ini vaksin yang tersedia di RSUP HAM adalah moderna dan sinovac, jadi selain vaksinasi booster, pihaknya juga masih melayani vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan vaksinasi 1 & 2 dengan  moderna.

“Untuk masalah stok, kami perkirakan cukup sampai jelang lebaran,” tandasnya. (Cbud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.