Perluasan Lahan Perkuburan Indra Kasih Membutuhkan Dermawan Untuk Penimbunan - Waspada
banner 325x300

Perluasan Lahan Perkuburan Indra Kasih Membutuhkan Dermawan Untuk Penimbunan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada) : Tanah wakaf pemakaman Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, membutuhkan uluran tangan dermawan untuk penimbunan tanah diperkirakan sebanyak 50 dump truk sebagai perluasan lahan perkuburan baru.

“Diperkirakan membutuhkan 50 dump truk untuk penimbunan lahan baru pemakaman itu.
Pemakaman lama sudah penuh tidak bisa nampung jenazah lagi. Jadi ada lahan bersebelahan langsung dengan pemakaman lama milik warga seluas 20 x 30 meter persegi untuk perluasan membutuhkan uluran tangan dermawan untuk menyelesaikan perluasan perkuburan ini,” kata Iman Saleh salah seorang warga setempat yang tengah berupaya memperluas penyelesaian perkuburan Indra Kasih kepada Waspada di Medan, Selasa (20/10).

Menurut Iman, sebelumnya lahan seluas 600 meter tersebut atas bantuan Pemko Medan sudah selesai dibebaskan untuk dijadikan pemakaman baru. Namun, lahannya masih harus dikerjakan dengan penimbunan.

“Lahannya belum layak digunakan untuk pemakaman jenazah karena masih berlubang ada banyak kolam kolam kecil didalamnya dan masih rendah dibanding pemakaman lama perlu untuk penimbunan,” ungkapnya.

Dikatakannya, berawal dari kepedulian tokoh masyarakat Endang Suhandi sebagai pelopor kegiatan perluasan lahan perkuburan dengan segera menimbun area tersebut dan dibantu serta didukung oleh pihak kelurahan terutama Kasi Pemerintahan Hariadi serta Kepala Lingkungan yang konsen dan peduli untuk perluasan lahan perkuburan.

“Sejak minggu lalu sudah dimulai tahapan pekerjaan penimbunan namun masih ada kendala karena keterbatasan dana untuk melanjutkan pekerjaan tersebut dalam hal ini pembelian tanah dan biaya lansir ke area pemakaman,” ujarnya.

Para tokoh masyarakat dan warga telah melakukan pertemuan untuk pembahasan percepatan penyelesaian lahan perkuburan dengan gotong royong menyisihkan dananya serta membahas mencari jalan keluar pendanaan yang dihadiri Lurah Abdullah Siregar, Kepala Lingkungan, STM dan BKM seluruh Kelurahan Indra kasih.

Sampai aaat ini pekerjaan sudah mencapai 1/4 persen dari rencana keseluruhan dari lokasi pemakaman yang terletak di antara Jalan Karya Bakti dan Jalan Abadi, Kelurahan Indra Kasih.

“Untuk ini, disepakati penanggulangan biaya penimbunan tersebut akan di minta peran aktif STM, BKM dan masyarakat yang ingin membantu, juga tidak tertutup peluang bantuan dari masyarakat dermawan lain di luar Kelurahan Indra Kasih,” katanya. (m28)

 

  • Bagikan