Peringati HUT ke-76, PMI Sumut Bagi Sembako Dan Vaksinasi

Peringati HUT ke-76, PMI Sumut Bagi Sembako Dan Vaksinasi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara (Sumut) menggelar peringatan HUT ke-76 PMI di Aula Markas PMI Provinsi Sumut, Jumat (17/9). Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat ini hanya dihadiri sejumlah pengurus PMI Sumut dan sebagian Ketua PMI
Kabupaten/Kota.

                                             

Diantaranya PMI Kabupaten Langkat, Deliserdang, Dairi dan Nias.

Turut hadir pula Pelindung PMI Kabupaten Dairi Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu. Adapun pengurus lainnya mengikuti upacara secara virtual.


Dalam sambutannya, Ketua PMI Sumut, DR H Rahmat Shah mengingatkan peran serta pengurus PMI dalam kegiatan kemanusiaan di dunia internasional.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19, peran aktif pengurus PMI sangat dibutuhkan. Baik dalam menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya penerapan Prokes maupun memberi bantuan di tengah-tengah masyarakat.

“Kerjasama dan saling membantu adalah senjata kita dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan TNI-Polri, berbagai universitas, pemuda dan berbagai pihak di seluruh Sumatera Utara. Pepatah Indonesia menyatakan, ‘berat sama dipikul, ringan sama dijinjing’, yang memiliki arti kebersamaan dalam susah maupun senang. Begitu pula dalam menangani Covid-19 perlu adanya sinergi yang dibangun dengan berbagai pihak,” ucapnya.

Pentingnya kebersamaan itu, lanjut Rahmat Shah, diangkat menjadi tema peringatan HUT ke-76 PMI ini.

Bergerak bersama untuk sesama. Diharapkan dengan tema besar tersebut, seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan, seperti pemerintah, korporasi, lembaga sosial, masyarakat, pengusaha serta mitra gerakan Palang Merah, Bulan Sabit Merah dapat bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan terutama Covid-19 di Sumut dan Indonesia.

Pada kesempatan itu, Rahmat Shah menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pemerintah kabupaten/kota dan stakeholder lainnya yang telah banyak memberi bantuan kepada PMI Sumut.

“Insyaallah kami (PMI Sumut) akan selalu amanah untuk menjalankan apa yang telah diberikan kepada kami. Dengan semangat kebersamaan di hari ulang tahun ke 76 ini, kita bisa memberi yang terbaik. Tidak untuk bersaing dengan provinsi lain tetapi untuk mengimbangi kebersamaan dan berbuat lebih banyak lagi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan kita,” tegas Rahmat Shah.

Usai upacara, Rahmat Shah menyerahkan langsung penghargaan kepada pendonor darah 50 kali, pendonor plasma konvalesen dan bantuan sembako kepada kaum duafa.

Kegiatan


Sebelumnya, Ketua Panitia HUT ke-76 PMI di Sumut, Drs Edi Siswanto melaporkan, peringatan HUT kali ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan. Upacara HUT ke-76 PMI dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada pendonor darah 50 kali, pendonor plasma konvalesen, pemenang lomba.

Kemudian pembagian sembako kepada abang penarik becak dan kaum duafa serta vaksinasi. Untuk hari ini, Sabtu (17/9), PMI Sumut akan mengikuti Mukernas PMI 2021 secara virtual yang dipimpin langsung Ketua Umum PMI, H Jusuf Kala dan Orientasi Kepalangmerahan pada 29 September 2021. (m27)

Waspada/Ist

Ketua PMI Sumut DR H Rahmat Shah dan pengurus menyerahkan bantuan sembako kepada warga.

  • Bagikan