Perhatikan Pola Makan Dan Kalori, Penderita Diabetes Aman Berpuasa

Perhatikan Pola Makan Dan Kalori, Penderita Diabetes Aman Berpuasa

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Penderita diabetes yang cenderung harus memperhatikan makanan dan minuman dan harus menjaga pola makan dikatakan tetap bisa melaksanakan ibadah puasa. Namun berpuasa sepanjang stamina orang dengan diabetes baik.

“intinya boleh berpuasa sepanjang stamina baik dan gula darah terkontrol dengan baik serta mengikuti anjuran dokter untuk mengkomsumsi obat,” Ketua Parsadia (Persatuan Diabetes Indonesia) Medan, Dr Syarifuddin Ritonga, MAP, pada Jumat (16/4).

Dikatakannya, penderita diabetes pada prinsipnya juga harus sahur jika hendak berpuasa. Makanan sahur yang dikonsumsi harus berkalori yang ditetapkan ahli gizi.

                                             

“Seperti yang diatur pola makan untuk diabetes dan kalau buka puasa juga tetap pada standard pola makan diabetesi dan hindari makanan yang manis-manis,” katanya lagi.

Syarifuddin juga mengatakan selain makan dengan kalori yang dianjurkan, dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah yang berserat.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, Dr H Rudi Rahmadsyah Sambas mengatakan, penderita diabetes harus mengurangi makanan yang manis- manis dan juga kurangi makan nasi. Yang diperbanyak itu sayur dan buah-buahan.

Ketika ditanya jika penderita diabetesnya anak-anak, katanya harus memperhatikan pola makan dan kegiatannya sedangkan jika mau puasa sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak. (cbud)

 

 

 

  • Bagikan